Wakil Kasad Jenderal Tandyo Tutup Kegiatan TMMD di Kutai Barat

Kutai Barat38 Dilihat

Kubar – Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, resmi menutup Kegiatan TMMD di Lapangan Sepak Bola Kampung Jengan Danum, Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (20/3/2024).

TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah wujud dari kerja sama TNI dan Rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang dilaksanakan dengan seluruh komponen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan itu Jenderal Tandyo Budi Revita mengapresiasi pelaksanaan TMMD Wiltas ke-119 yang di laksanakan oleh Kodim 0912 bersama Pemda dan Pihak terkait, selesai dengan baik bahkan melampaui target di Kampung Kelian dan Tepulang, Kecamatan Damai.

“Seperti Rumah yang seharusnya rehab, kemudian di bangun baru. Ada juga Gereja, MCK, Air bersih termasuk Perkebunan,” kata Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, didampingi Pangdam VI Mulawarman, Bupati, Dandim 0912, Kapolres Kubar beserta Pejabat lainnya.

Selain itu dia juga mengapresiasi kerja sama masyarakat dengan TNI. Jenderal Revita juga memuji kearifan lokal masyarakat Kutai barat yang tetap hidup rukun serta damai meskipun berbeda suku, agama dan golongan.

“Itu harus tetap kita pertahankan dan rawat terus. Sehingga, dari waktu ke waktu Kebhinekaan Indonesia itu akan tetap terpelihara,” ungkap Jenderal Tandyo.

Adapun sasaran Fisik utama dalam kegiatan TMMD di Kutai Barat tahun ini adalah, Semenisasi Jalan sepanjang 630 meter. Dengan lebar 5 meter dan ketebalan 20 centimeter. sedangkan sasaran tambahan diantaranya, membangun 1 unit rumah baru, fasilitas Air Bersih dan rehab Rumah Ibadah.

Sementara itu, untuk sasaran Non Fisik yakni, Penyuluhan Bela Negara, Kamtibmas dan Narkoba, Hukum, KB Kes dan Stunting, Wawasan Kebangsaan, Pencegahan Karhutla, penyuluhan Pertanian hingga Kampanye Kreatif Rekrutmen TNI.

Kegiatan tersebut menggunakan anggaran dari dukungan Komando Atas sebesar Rp561 juta, kemudian dukungan Pemda Kubar Rp2,4 miliar atau total sebesar Rp2,9 miliar. (Ricard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *