banner 728x250

Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli Gelar Konferensi Pers Perdana

Ridho R
banner 120x600

Gunungsitoli- Wali kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli, SE, M.Si melaksanakan kegiatan Konferensi Pers, hal ini merupakan Perdana setelah di lantik sebagai Wali Kota Gunungsitoli. Konferensi Pers ini dilaksanakan di Gedung Rapat Lantai II Kantor Wali Kota Gunungsitoli. Kamis, 30 Mei 2024

Sambutan dari “Sowa’a Laoli” sebagai Wali Kota Gunungsitoli mengatakan bahwa bersyukur atas kesempatan bisa bertemu dengan para insan Pers, mohon dimaklumi semenjak saya dilantik menjadi Wali Kota Gunungsitoli defenitif, pertama hari ini kita bisa melaksanakan konferensi pers.

“Sowa’a Laoli menjelaskan bahwa kita patuh bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, dalam penyajian penatausahaan laporan keuangan tahun 2023, Pemerintah Kota Gunungsitoli mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Sesuai dengan standar pengelolaan keuangan dan seluruh penatausaha keuangan di 2023, telah kita tampilkan sesuai dengan yang sudah kita laksanakan di tahun 202, jadi opini Wajar Tanpa Pengecualian ini kita dapatkan karena kita sudah berhasil menyajikan penatausahaan keuangan yang secara jujur kepada Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Selanjutnya dari kegiatan-kegiatan yang lain, hal yang mungkin kami sampaikan kepada bapak ibu semua bahwa mulai tahun 2024 ini, seluruh pengelolaan dana desa di Kota Gunungsitoli sekarang di laksanakan program transaksi non tunai. Artinya tidak ada lagi pembayaran secara online, semua sudah melalui sistem Digitalisasi. Jadi seluruh pengeluaran dana desa itu keluar dengan fasilitas, walaupun pada tahun ini tidak semua kegiatannya, tetapi kita bersyukur bahwa kegiatan ini kita sudah mulai dan informasi yang kami dapat bahwa transaksi memulai pengelolaan keuangan Desa ini merupakan yang pertama Sumatera Utara.

Melalui Pemko gunungsitoli juga memikirkan kegiatan-kegiatan di seluruh perangkat daerah, termasuk dalam pengendalian inflasi di kota gunungsitoli. Kami sampaikan bahwa sesuai data BPS, inflasi kita pada akhir April 2024 ini tercatat sebesar 3,93%, ini lumayan terkendali karena kita melakukan kegiatan-kegiatan termasuk monitoring barang di setiap distributor, dan terus melakukan koordinasi dengan stakeholder yang ada di kota Gunungsitoli melalui forum pengendalian inflasi. Terang Sowa’a

Ia Mengatakan bahwa sekarang bertemu lagi kita ini jalan Provinsi yang ada di arah gunungsitoli utara mulai dari desa “Moawö” sampai di Afia, Kecamatan Gunungsitoli Utara. Hal ini kita terus meminta kepada Pemprov Sumatera Utara, karna memang kita tidak ada kewenangan untuk membangun jalan tersebut, kita sudah beberapa kali meminta baik secara tertulis maupun datang langsung untuk pembangunan jalan provinsi ini, tapi alhasil sampai sekarang masih belum ada perkembangan. Terakhir kalau kita dengar tahun yang lalu bahwa seluruh Jalan provinsi yang ada di Kepulauan Nias ini, akan ditangani oleh pemerintah provinsi dengan anggaran sebesar 2,7 Trililiun. Tetapi informasi yang saya dengar bahwa, tujuh bulan lebih yang lalu Pekerjaan itu sudah tidak dilanjutkan lagi. Memperhatikan, Persoalan pekerjaan tersebut putus kontrak selain progres yang 0%.

Maka inilah yang kita rasakan pada saat ini tidak hanya kota gunungsitoli, tetapi seluruh pemerintah yang ada di kepulauan Nias merasakan, kalau kita melihat jalan teman-teman yang dari arah utara tersebut, kondisinya sangat rusak. Kita berharap bahwa seluruh teman-teman wartawan, seluruh stakeholder mari kita menyuarakan, menyampaikan kondisi jalan Provinsi di gunungsitoli ini. Sehingga ada kebijakan dan perhatian dalam waktu dekat, sehingga kita melewati jalan provinsi ini tidak susah. Harap Sowa’a Laoli

Sowa’a menceritakan bahwa kemarin saja saya ke gunungsitoli utara biasanya hanya 15 menit, tetapi saya baru sampai mungkin hampir satu jam karena kondisi jalan tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa pada tahun ini kita telah meluncurkan beasiswa kepada calon mahasiswa yang berprestasi dan berkemampuan bagi warga kota gunungsitoli,kita sudah bekerja sama dengan Universitas Nias. Tahun ini akan ada 100 anak mahasiswa yang berprestasi dan berkemampuan masyarakat kota Gunungsitoli yang akan kita beri beasiswa, jadi semua ini juga nanti ada proses seleksi.

Selanjutnya Sowa’a Laoli juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Museum Pusaka Nias yang sudah memberikan keringanan kepada anak-anak warga kota gunungsitoli, ucapan yang sama juga di sampaikan kepada pemilik toko buku UD Harapan, dan Taman Do’a.

Sowa’a Laoli juga juga mengajak seluruh masyarakat, seluruh orang tua yang ada di kota gunungsitoli untuk segera mengurus kartu identitas anak di dinas Dukcapil, sehingga program yang barusan kita tanda tangani kerjasama dengan tiga general usaha ini bisa didapatkan oleh anak-anak kita yang ada di kota gunungsitoli. Imbuhnya

Kegiatan Konferensi Pers tersebut terlaksana dengan baik hingga selesai, terpantau di hadiri oleh Drs. Oimonaha Waruwu Setda Kota Gunungsitoli, MEIMAN KRISTIAN HAREFA, S.Sos., MSP, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli, OPD, Tokoh, Dan PERS. (B4142160 H14)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *