banner 728x250

Peningkatan Kapasitas untuk Penguatan Pengorganisasian Diikuti 3 Organisasi

Ridho R
banner 120x600

Gunungkidul – Peningkat kapasitas untuk penguatan pengorganisasian komunitas bekerjasama dengan Bina Desa, FSSP di ikuti oleh tiga organisasi dari kabupaten Gunungkidul, Kulonprogo dan Klaten yaitu Galih Asosiasi Kakao, Lumbung tani dan Sanggar Kebangsaan pada tanggal 22 sampai 24 Februari 2024 Kelurahan Kelor kapanewon Karangmojo Kabupaten Gunungkidul kini tinggal implementasi di masing-masing organisasi.

Menurut Saryati salah satu dari peserta kegiatan peningkatan kapasitas dan penguatan organisasi tersebut dalam implementasinya cukup signifikan membuat maju organisasi. Hal ini dijelaskan pada 24/06/2024 di kantor organisasinya bahwa materi yang disampaikan mengenai manajerial organisasi.

Aspek manajerial dalam sebuah organisasi mencakup beberapa hal penting yaitu

1. Perencanaan adalah proses menetapkan tujuan, mengembangkan strategi, dan merancang rencana untuk mencapai tujuan tersebut.

2. Pengorganisasian merupakan pembagian kerja, pembentukan struktur organisasi, dan alokasi sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi.

3. Pemimpin dan kepemimpinan membimbing, mengarahkan, dan memotivasi tim serta individu agar dapat bekerja efektif dalam mencapai tujuan organisasi dimana pada kegiatan ini banyak kader wanita dari masing- masing-masing organisasi diharapkan mampu memimpin sesuai dengan kesetaraan gender.

4. Pengarahan adalah proses mengkomunikasikan tujuan dan rencana organisasi kepada anggota tim serta memastikan mereka memiliki sumber daya dan informasi yang diperlukan.

5. Pengendalian dengan memantau kinerja, mengevaluasi hasil, dan melakukan tindakan perbaikan atau koreksi jika diperlukan untuk memastikan bahwa tujuan organisasi tercapai.

6. Pengembangan Sumber Daya Manusia yang mampu mengelola dan mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi individu dalam organisasi.

7. Pengambilan keputusan adalah proses memilih dan memilah tindakan terbaik dari berbagai pilihan yang tersedia untuk mencapai tujuan organisasi.

Kesemua aspek ini menjadi inti dari peran manajerial dalam mengelola suatu organisasi dengan efektif dan efisien.

Harapan dari ilmu yang didapat dari peningkatan kapasitas individu atau anggota mampu mendorong organisasi lebih tertata dan maju sehingga bisa dirasakan oleh semua elemen organisasi manfaatnya.
(Mungkas M)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *