Belajar Asyik Matematika dan TIK dengan Game Edukasi Rancangan Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Darmajaya

Pendidikan47 Dilihat

BANDARLAMPUNG – Membuat inovasi pembelajaran dalam memberikan pemahaman suatu pelajaran agar dapat dimengerti oleh pelajar saat ini sangat perlu dilakukan. Terutama terhadap mata pelajaran yang dianggap sulit oleh pelajar.

Hal ini yang mendorong Fajar Agung Setiawan, mahasiswa Prodi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya membuat Rancang Bangun Game Edukasi Matematika dan TIK Berbasis Mobile Android. Pembuatan Rancang Bangun Game Edukasi tersebut dilakukan dalam tugas akhir skripsi yang mengambil studi kasus di SMPN 1 Limau.
Fajar Agung Setiawan mengerjakan Game Edukasi dengan bimbingan Ochi Marsela, S.Kom., M.T.I. Ia juga mendapatkan masukan dari kedua penguji skripsinya Ruki Rizal Nul Fikri, S.Kom., M.T.I. dan Arman Suryadi Karim, S.Kom., M.T.I.

Fajar Agung Setiawan mengatakan bahwa awalnya membuat game edukasi karena melihat pelajar SMP masih kurang dalam minat belajar.

“Jadi game ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan minat belajar adik-adik SMP terutama pada mata pelajaran Matematika dan Teknologi Informasi, dan Komputer,” ungkapnya.

Pria yang biasa dia disapa Agung tersrbut menerangkan dalam pengerjaan Game Edukasi dilakukannya dalam waktu dua sampai tiga bulan.

“Game Edukasi ini merupakan tugas akhir saya yang dibimbing oleh Dosen Prodi Sistem Informasi. Saya dibimbing Bu Ochi dan sudah sidang dengan diuji oleh Pak Ruki dan Pak Arman,” ucap dia usai menjalani ujian tugas akhir pada Jumat, (1/3/24) seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Adapun Game Edukasi Rancangannya dapat berjalan dengan memasukkan nomor induk siswa (NIS) dari SMPN 1 Limau. Setelah masuk siswa akan langsung dapat memilih level 1 hingga 5.
“Level 1 – 5 merupakan tingkat kesulitan dari soal yang akan dikerjakan oleh siswa. Semakin tinggi angka levelnya menunjukkan tingkat kesulitan soalnya akan semakin tinggi,” kata Agung.

Masih kata dia, ketika telah memilih level maka akan terdapat 30 soal dengan ditandai setelah garis start simbol binatang kucing akan berjalan untuk menuju tiap bendera.

“Jadi setiap bendera yang akan dihampiri terdapat satu soal yang harus dijawab. Baik itu ketika memilih Game Edukasi Matematika maupun TIK dan di akhir setelah 30 soal selesai dijawab akan muncul total yang telah dijawab dengan benar,” terangnya.

Menurut Agung, dengan adanya Game Edukasi ini siswa/i SMPN 1 Limau juga akan semakin senang dengan mata pelajaran matematika dan TIK.

“Soalnya yang ada di Game ini juga disesuaikan dengan mata pelajaran yang akan diberikan siswa/i SMPN 1 Limau. Jadi guru dapat memasukkan soal pilihan ganda dan mengajarkan mata pelajarannya melalui game ini yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi,” bebernya.

Dalam ujian hasil rancangan game edukasinya tersebut, kedua penguji juga memberikan masukan untuk menampilkan jawaban yang benar dan nomor soal yang telah dijawab siswa/i. “Saya akan upload di Playstore dan game ini juga akan dilakukan pengembangan. Saran dan masukan dari penguji juga akan ditambahkan,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *