Sekdaprov Fahrizal Buka Rakor Teknis Pengendalian Program

Tak Berkategori25 Dilihat

BANDARLAMPUNG – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Lampung Fahrizal Darminto membuka Rapat Koordinasi Teknis Pengendalian Program/Kegiatan Pembangunan Daerah dengan Sumber Pendanaan (APBN/ APBD) serta Launching Pengembangan Aplikasi Si-Tapis (Sistem Data Pengendalian dan Informasi) Tahun Anggaran 2023, di Ballroom Hotel Horison, Bandar Lampung, Kamis (21/12/2023).

Sekdaprov Fahrizal menyampaikan bahwa Rapat koordinasi ini lebih difokuskan pada persiapan Tahun 2024, dan mengevaluasi capaian-capaian di tahun 2023.

“Sebagaimana laporan Kepala Biro Adminitrasi Pembangunan, bahwa bahwa sampai dengan November capaian realisasi belanja kita mencapai 82,2% di Provinsi dan Kabupaten/kota mencapai 75,6%. Semoga di Desember ini progresnya semakin lebih baik,” ujar Sekdaprov Fahrizal.

“Diusahakan tahun depan kita bisa lebih awal melakukan persiapan-persiapan baik itu proses perencanaan dan proses administrasinya. Sehingga kita tidak kehilangan waktu,” tambahnya.

Sekdaprov Fahrizal melanjutkan bahwa Bapak Presiden sudah memberikan arahan agar anggaran yang tersedia itu harus segera direalisasikan.

“Supaya itu dapat menggerakkan roda perekonomian, dan pelayanan publik itu jalan. Itulah mengapa kita harus melakukan percepatan,” ujar Sedaprov Fahrizal.

Dalam konteks administrasi, terdapat tiga aspek dalam pengendalian yaitu monitoring dan evaluasi, penilaian, dan pelaporan.

“Kita perlu melakukan pengendalian terhadap perencanaan yang sudah kita susun dan anggaran sudah tersedia. Itu harus betul-betul kita arahkan,” ujar Sekdaprov Fahrizal.

Fahrizal minta dipastikan kegiatan dan seluruh anggaran itu tepat untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu perencanaannya harus matang dan anggaran yang tersedia harus dimanfaatkan maksimal untuk mencapai tujuan.

“Itu semua dalam rangka untuk mendukung visi kita bersama yaitu Rakyat Lampung Berjaya. Oleh karenanya sasarannya harus tepat dan pastikan manfaatnya benar, serta pastikan tepat waktu. Kalau sudah kita pastikan itu semua, maka kita juga harus pastikan tepat administrasi dan tepat dasar hukumnya. Ini harus kita lihat secara utuh, supaya pembangunannya berhasil,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Adminitrasi Pembangunan Setda Provinsi Lampung Haris Kadarusman, menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka untuk mendorong realisasi belanja pemerintah, baik yang melalui sumber pendanaan APBN maupun sumber pendanaan APBD pada Pemerintah Provinsi Lampung maupun Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Adapun tujuan Rapat Koordinasi Teknis ini yaitu Pertama, Pengendalian Program/Kegiatan Pembangunan Daerah se-Provinsi Lampung serta launching pengembangan Aplikasi Si-Tapis. Kedua, memaksimalkan penyerapan anggaran baik APBD maupun APBN sesuai dengan Rencana Pencairan Dana.

Kemudian, pengelolaan anggaran dalam meningkatkan kinerja anggaran melalui Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

“Rapat Koordinasi Teknis ini diikuti oleh seluruh Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung yang mengelola DIPA Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (TP) APBN dan Perangkat Daerah Pengelola APBD serta Bagian Administrasi Pembangunan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung,” ujarnya. (Adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *