banner 728x250
Tak Berkategori  

KPU Trenggalek Gandeng LIRA Gelar Sosialosasi dan Pendidikan Pemilih Desa Peduli Pemilu

Avatar
banner 120x600

Trenggalek – KPU Trenggalek Gandeng LIRA Trenggalek menggelar Sosialosasi dan Pendidikan Pemilih Desa Peduli Pemilu.

Acara Sosialisasi KPU Kab. Trenggalek dan Pendidikan Pemilih Desa Peduli Pemilu  2024 bersama LSM LIRA Trenggalek digelar di Agro Wisata Dillem Wilis Desa Dompyong Kecamatan Bendungan Trenggalek Sabtu, 09 Desember 2023, pukul 13.10 s/d 15.45 berlangsung lancar dan meriah.

Bupati LSM LIRA dalam sambutannya menerangkan “Adapun maksud, tujuan dan sasaran dari kegiatan sosialisasi ini memberikan informasi dan pemahaman kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijak pada pemilu serentak tahun 2024. Pendidikan pemilih merupakan elemen penting dalam demokrasi. Pemilih yang rasional menjadi ukuran kualitas demokrasi di suatu Negara,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua KPU Gembong Derita Hadi menekankan bahwa “Kecamatan Bendungan perlu wakil yang duduk menjadi anggota DPRD TK II agar bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Kecamatan Bendungan dalam pembangunan baik fisik prasarana maupun peningkatan ekonomi masyarakat, silahkan pilih wakil-wakil terbaik sesuai rekam jejak calon selama ini,” ujarnya.

Narasumber yang mengisi kegiatan ini antara lain, Komisiner KPU Kab.Trenggalek Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Sdr. Nurani, S.Sos. serta Mantan Ketua Badan Pengawas Pemilu periode 2016-2018 yang juga berprofesi sebagai pengacara PERADI Sdr. H. Agus Trianta, S.H

Nurani, S Sos menjelaskan “Sosialisasi sebagai salah satu cara bagaimana berinteraksi dengan masyarakat, hak memperoleh informasi adalah hak asasi manusia dan penting hak mendapatkan informasi seperti yang diperjuangkan oleh teman-teman LIRA karena Dalam UUD 45 itu disebutkan bahwa setiap orang punya hak untuk berkomunikasi dalam rangka untuk mengembangkan diri, setiap orang punya hak untuk mencari menyimpan mengolah dan mengelola informasi dalam rangka untuk mengembangkan dirinya, kita punya Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik tapi ternyata masyarakat tampaknya masih sulit mendapatkan informasi itu,” jelasnya.

H. Agus Trianta dalam materinya menyampaikan “Kita menganut sistem Demokrasi Pancasila seluruh komponen bangsa mempunyai tanggung jawab yang sama, suksesnya Pemilihan umum menjadi tanggung jawab bersama, stabilitas negara itu tidak hanya tanggung jawab Pemerintah, TNI dan POLRI tetapi juga tanggung jawab semua elemen masyarakat, Hari ini kita semua ikut mengaplikasikan diri mendukung penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, KPU Trenggalek memberikan ruang transformasi-informasi juga pendidikan politik pada masyarakat,” katanya.

Hadiri dalam acara Sosialisasi ini, Komisioner KPU dan staff, DPD LSM LIRA, Relawan LSM LIRA juga masyarakat umum dan dimeriahkan oleh LIRA entertaint Wilis Gumregah. (Efis)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *