banner 728x250
Tak Berkategori  

Gubernur Ansar Tinjau Pusat Sterilisasi Produk Makanan di Batam Center

Avatar
banner 120x600

KEPRI – Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad meninjau langsung gedung sterilisasi produk makanan yang berada di Kawasan Industrial Estate Tunas 2 Batam Center Kota Batam, Senin (27/2).

Sebagai informasi, Pusat Sterilisasi Produk Makanan tersebut nantinya bisa dimanfaatkan oleh pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kepri untuk mengawetkan produk makanan mereka, sehingga bisa tahan lama.

Menurut Gubernur Ansar, berbagai macam hasil produk makanan dari para pelaku UMKM, nantinya akan disterilisasikan melalui beberapa tahapan, sampai kemudian produk tersebut dikemas melalui kaleng ataupun pouch.

“Dan produk-produk makanan ini nantinya, tidak akan mengalami perubahan rasa maupun tekstur, dan akan bisa bertahan hingga waktu yang lama sesuai kebutuhan” jelasnya.

Gubernur Ansar melanjutkan, ini tentu akan meningkatkan nilai tambah, sekaligus daya saing produk UMKM tersebut. Karena produk unggulan para pelaku UMKM ini juga siap bersaing untuk memenuhi pasar ekspor yang memang sangat potensial.

“Karena ini menjadi potensi pasar yang menjanjikan, maka kita mencoba menjawab dengan menghadirkan mesin sterilisasi, sekaligus memenuhi banyaknya permintaan adanya mesin ini yang akan membuat produk UMKM bertahan lama” ungkap Gubernur Ansar.

Dengan hadirnya pusat sterilisasi, tambah Gubernur Ansar, di satu sisi juga membantu pelaku UMKM menghemat biaya produksi. Mengingat semua komponen produksinya, mulai dari bahan makanan yang akan diolah dan dimasak, semua dilakukan langsung di pusat sterilisasi.

“Mudah-mudahan bulan Juli mendatang, semua tahapan yang diperlukan untuk proses sterilisasi, mulai dari ijin BPOM, sertifikasi halal dari MUI dan juga uji tanggal kadaluarasa yang bekerjasama dengan Universitas Pasundan Bandung telah rampung secara sempurna, dan bisa langsung beroperasi penuh” harapnya.

Saat ini, produk makanan hasil UMKM yang saat ini telah siap dilakukan sterilisasi, karena telah mengantongi uji lulus dari BPOM sementara ini terdiri atas 5 produk makanan. Mulai dari ikan kari, asam pedas, ayam pecak, rendang jamur dan sambal bikis tanak.

Adapun bagi para pelaku UMKM yang akan memanfaatkan jasa sterilisasi, nantinya akan diatur sesuai dengan kebutuhan, sehingga produk sterilisasi yang dihasilkan adalah jenis makanan yang berbeda-beda. Para pelaku UMKM yang akan menggunakan jasa sterlisasi bisa menghubungi Koperasi Rumah Bungkus Raja Isah, melalui Maya Inayati. ( fik)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *