banner 728x250
Malang  

Pemerintah Pusat Berikan Bantuan Pangan Kepada Masyarakat Desa Kendalpayak

Ridho R
banner 120x600

Malang – Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Badan Pangan Nasional memberikan bantuan pangan tahun 2024 kepada masyarakat Desa Kendalpayak, Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

Bagi warga penerima manfaat bantuan pangan undangan langsung lewat kantor post. Kemudian mekanisme pengambilan bantuan berupa beras 10 kg melalui kantor desa setempat. Seraya menukarkan undangan yang sudah diterima.

Untuk tahun 2024 bantuan pangan yang diberikan Pemerintah Pusat di desa Kendalpayak naik signifikan. Karena tahun sebelumnya hanya sekitar 200 KK lebih, kali ini ada 679 KK penerima manfaat. hal itu diungkapkan secara langsung oleh Kades Kendalpayak Samsul Huda.

“Jadi mulai bulan Januari tahun ini, bantuan yang kami terima lumayan banyak. Saya juga gak tahu kog tiba tiba banyak sekali bantuannya,”tutur Samsul sapaan akrabnya kepada awak media Rabu malam, (26/6/2024).

Lebih lanjut, Pemdes Desa Kendalpayak mencatat hingga sampai detik ini ada sekitar 1000 KK lebih warga yang kurang mampu dari keseluruhan sekitar 9000 KK jumlah penduduk yang ada.

“Kalau boleh jujur data warga kurang mampu di desa kami ada sekitar 1000 KK lebih. Namun biasanya ada yang meninggal dunia kita tidak mengetahui, tahunya ketika dilakukan pendataan,” imbuhnya.

Meski dengan demikian untuk warga penerima bantuan yang sudah meninggal dunia, akan tetap diberikan kepada keluarganya asal juga kategori kurang mampu.

” Kalau yang sudah meninggal dunia biasanya kita alihkan ke keluarganya. Kalau dinyatakan mampu yang diganti orang lain yang lebih membutuhkan. Terkait perbaruan data akan mengikuti petunjuk dari Pemerintah Kabupaten Malang. Mengingat terkadang hari ini dinyatakan tidak mampu, esok-esok sudah mampu,” ungkapnya.

Disinggung tentang bantuan pangan yang masih terlihat tersisa di kantor desa. Padahal dalam undangan tertera bahwa bantuan pangan diperuntukkan bulan Mei 2024. Kades Kendalpayak menyebutkan keterlambatan penyaluran karena warga berhalangan hadir dengan berbagai alasan.

“Sebenarnya untuk penyaluran sehari sudah rampung karena warga ada kesibukan, jadi insha Allah besok sudah kelar,” pungkasnya.

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *