banner 728x250

Pemda Halut Bersama Kodim Dukung Penambahan Areal Tanam Sekaligus Penyerahan Alsintan Tahun 2024

Ridho R
banner 120x600

Malut- Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Utara melalui Dinas Pertanian bersama Kodim 1508/Tobelo di Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara mendukung peningkatan produksi pertanian dan penambahan areal tanam (PAT) serta kegiatan penyerahan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk Tahun 2024.

Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja para petani di wilayah tersebut, Desa Gura, Kecamatan. Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara, Jumat (14/6).

Penyerahan Alsintan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pithein Onthony, Dandim 1508/Tobelo yang diwakili oleh Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Rusmin Nuryadin, Anggota Dewan Halmahera Utara Asro Labada serta sejumlah kelompok tani dari berbagai desa yang ada di wilayah Tobelo.

Alat dan mesin yang diserahkan meliputi traktor 5 Unit, Pompa 28 unit, Viar roda tiga 5 unit, dan berbagai peralatan modern lainnya yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan pertanian.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S.E,. menambahkan bahwa pihak TNI melalui Kodim 1508/Tobelo akan terus mendukung program-program yang bersifat strategis untuk ketahanan pangan.

“Kami siap membantu petani dalam memanfaatkan alat dan mesin ini, serta dalam kegiatan-kegiatan lain yang dapat meningkatkan produksi pertanian di daerah ini,” katanya.

Sejumlah petani penerima bantuan mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan yang diberikan. Mereka berharap dengan adanya alat dan mesin baru ini, hasil pertanian mereka dapat lebih baik dan mereka dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga serta pasar lokal, dengan adanya kolaborasi antara Dinas Pertanian dan TNI ini, diharapkan target penambahan areal tanam dapat tercapai dan kesejahteraan petani di wilayah Tobelo semakin meningkat.

Pithein Onthony Kepala Dinas Pertanian juga menyampaikan dalam sambutannya menyatakan bahwa penyerahan Alsintan ini merupakan bagian dari program pemerintah untuk mendukung swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

“Dengan adanya bantuan Alsintan ini, kami berharap para petani dapat mengolah lahan lebih luas dan dengan cara yang lebih efisien, sehingga hasil panen dapat meningkat,” ujarnya.

Kita ketahui bersama bahwa ada 10 negara yang saat ini mengalami kelaparan yang sangat parah, itu karena kendala mengenai buruknya ketahan pangan tersebut, oleh Karana itu presiden dan menteri pertanian bekerja langsung dengan TNI mengenai pertanian memerintah langsung sampai ke daerah bagaimana membuat lahan tambah perkebunan sehingga masyarakat mendapatkan kesejahteraan petani.

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *