Danrem 043/Gatam Ikuti Rakor dan Sosialisasi Pelaporan Data Optimasi Lahan Rawa, Pompanisasi dan PAT Lampung

TNI/Polri24 Dilihat

Lampung – Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., menghadiri rapat Koordinasi dan Sosialisasi Pelaporan Data Optimasi Lahan Rawa, Pompanisasi dan Perluasan Area Tanam (PAT) Provinsi Lampung Tahun 2024, Selasa (19/3/2924) bertempat di Balai Pelatihan Pertanian Provinsi Lampung, Jl. Raden Gunawan Hajimena Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Rapat koordinasi dan sosialisasi pelaporan data optimasi lahan rawa, pompanisasi dan perluasan area tanam, ini merupakan tahap awal yang dilaksanakan dalam rangka upaya mengoptimalkan pemanfaatan potensi lahan dan rawa yang tersedia di Provinsi Lampung.

Tenaga Ahli Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Pamuji Lestari, M.Sc., dalam arahannya menyampaikan, saat ini banyak negara termasuk Indonesia sedang merasakan dampak Elnino, Kementerian Pertanian saat ini tengah berupaya untuk memaksimalkan indeks pertanian di area lahan yang belum maksimal, salah satunya di Provinsi Lampung.

“Selain memaksimalkan kita juga sedang berupaya mengoptimalkan lahan lahan tidur, optimalisasi PAT +1 percepatan tanam saat ini dengan cara pengolahan perkebunan, yang saat ini pengelolaannya sudah menggunakan mesin yang didukung oleh Bapak Menteri Pertanian,”

“Upaya Kementan tersebut selain membantu para petani guna mempercepat pengolahan lahan sehingga bisa meningkatkan hasil pertanian, dengan mengoptimalisasikan lahan, baik lahan rawa maupun lahan lainnya, ini merupakan upaya pemerintah pusat dengan tujuan agar kita jangan pernah lagi impor,” terangnya.

Di tempat yang sama, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin, S.E., di kesempatan tersebut juga menyampaikan arahannya kepada para peserta rapat koordinasi untuk bersama-sama menyamakan pandangan dalam memanfaatkan lahan rawa dengan optimalisasi dan pompanisasi.

“Saat ini kita dalam kondisi darurat pangan, kemarin sewaktu Menteri Pertanian berkunjung ke Lampung, beliau merencanakan akan ada membeli beras dari luar, sekitar 3 juta ton dan 3 juta unit traktor untuk mengoptimalisasikan lahan pertanian sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan kita,” tutur Danrem.

Selanjutnya Danrem juga menyampaikan salah satu upaya Menteri Pertanian dan pemerintah pusat berupaya meningkatkan hasil pertanian terutama padi, untuk itu saya mengajak bersama-sama mendukung program pemerintah yang sudah menganggarkan begitu besar.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Direktur Perlindungan Holtikultura Lampung, KA BBWSMS Lampung, Kepala Balai Penerapan Standar Instrumen Pertanian Lampung, Perwakilan Bapeltan Lampung, Dinas PSDA Lampung, Dinas KPTPH Lampung, Kasiter Kasrem 043/Gatam, Para Dandim Jajaran Korem 043/Gatam dan Para Kadis Pertanian Kabupaten/Kota. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *