Wabup Gunungkidul Edukasi Siswa SD Tentang Pentingnya Pertanian

Tak Berkategori64 Dilihat

Gunungkidul- Pertanian menjadi salah satu sektor terbesar untuk pergerakan perekonomian di Gunungkidul, pertanian tidak terlepas juga dari peran petani dalam menggarap lahan.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto bersama siswa siswi SD Negeri Gunung Gambar melakukan kegiatan tanam benih kacang panjang di lingkungan Sekolah SD Negeri Gunung Gambar, Jumat Pagi (5/1/2024).

“Penting kiranya bagaimana kita mengedukasi anak-anak kita generasi penerus kita untuk regenerasi petani terutama petani muda,” kata Heri saat ditemui setelah kegiatan.

Wakil Bupati juga mengungkapkan pentingnya melakukan pemetaan dan intervensi pendidikan pembelajaran pertanian mulai dari saat ini, ini untuk menarik anak-anak terhadap pertanian, tidak hanya secara tradisional tetapi juga modern.

“Tentunya harus _profit oriented_ tidak sekedar bertani tradisional sehingga tidak menghasilkan yang pada akhirnya kehidupan petani menjadi kurang, untuk itu kita didik anak-anak kita menjadi petani milenial yang tangguh, petani itu keren,” jelas Heri.

Heri juga berharap kedepan kegiatan serupa dapat dilakukan di sekolah yang lain di Gunungkidul.

Jayusman selaku Kepala Sekolah SD Gunung Gambar mengatakan untuk program kebun sekolah ini sendiri sudah berjalan dua tahun,

“Kita laksanakan setiap hari Jum’at pagi, dan anak-anak juga sangat senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan petani sejak dini ini,” terangnya.

Konsep dari SD Gunung Gambar ini sendiri untuk menanamkan rasa cinta untuk bertani, tidak malu untuk bertani, dan tidak jijik , dengan senang hati melakukan kegiatan bertani.

“Kedepan harapannya mereka bisa meneruskan kegiatan bertani tapi tidak hanya bertani tetapi juga benar-benar menjadi petani, untuk kegiatannya tidak hanya saat menanam tetapi juga kita ajarkan dari saat mengolah tanah, merawat hingga proses penjualannya meskipun baru skala kecil,” kata Jayus. (Mungkas M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *