Pendaftaran KPPS di Pemalang Dibuka 11 Desember 2023

Tak Berkategori63 Dilihat

Pemalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemalang telah mengumumkan pembukaan pendaftaran petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) yang akan berlangsung mulai pertengahan Desember. Dengan total 4.687 TPS tersebar di 222 desa dan kelurahan di 14 kecamatan, kebutuhan petugas mencapai lebih dari 32 ribu orang.

Meski secara resmi pengumuman pendaftaran masih menunggu, Ketua Komisioner KPU Pemalang, Agus Setiyanto, memberikan bocoran bahwa pendaftaran akan dibuka pada 11 Desember di setiap desa. “Kita membuka pendaftaran untuk lebih dari 32 ribu tenaga KPPS di masing-masing desa/kelurahan. Siapa pun boleh mendaftar asalkan memenuhi syarat yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Syarat pendaftaran mencakup usia 17-56 tahun, pendidikan minimal SMA/sederajat, kemampuan membaca menulis, dan tidak buta warna. Agus Setiyanto juga menegaskan bahwa regulasi SMA/sederajat dapat diubah lebih rendah sesuai kebijakan lingkungan. Pendaftaran dapat dilakukan di masing-masing desa/kelurahan mulai 11 hingga 20 Desember.

Agus Setiyanto menambahkan, “Total tenaga KPPS yang dibutuhkan adalah 9 orang per TPS, terdiri dari 7 orang KPPS dan 2 anggota Linmas. Ujian kesehatan bagi seluruh pendaftar PPS akan digratiskan di setiap Puskesmas oleh Pemkab Pemalang.” Sebagai insentif, ketua PPS akan mendapatkan upah sebesar Rp 1,2 juta, sedangkan anggota PPS Rp 1,1 juta selama satu bulan kerja. (tris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *