Asisten II Pemkot Tanam Ratusan Bibit Pohon di Kawasan Way Gubak

Tak Berkategori21 Dilihat

BANDAR LAMPUNG  – Kodim 0410 / Kota Bandar Lampung menggelar Karya Bhakti TNI dalam rangka menyambut HUT Kodam II/Sriwijaya ke-78, dengan melakukan penanaman berbagai bibit pohon di kawasan perbukitan kelurahan Way Gubak, Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Sabtu (9/12/2023)

Sebanyak 200 bibit pohon berbagai jenis ditanam dikawasan tersebut oleh personel gabungan TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan komponen masyarakat sebagai langkah preventif untuk mencegah polusi udara.

Dandim 0410/KBL, Kolonel Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel.,MMDS, mengatakan kegiatan penanaman pohon tersebut dalam rangka Karya Bhakti TNI.

Lanjut Dandim, kegiatan ini sejatinya merupakan tanggung jawab bersama dalam menjaga alam khususnya di wilayah Kota Bandar Lampung.

“Kegiatan penanaman pohon ini dalam rangka Karya Bakti TNI, namun sejatinya hal ini bertujuan untuk kepentingan kita bersama dalam menjaga alam kita,” ujarnya

Ia mengungkapkan, Bandar Lampung merupakan kota yang cukup besar dimana banyaknya kendaraan yang melintas sehingga bisa menyebabkan polusi udara. Oleh karenanya, kegiatan ini dapat dikatakan sebagai langkah preventif untuk mengurangi bahkan mencegah terjadinya polusi.

“Bandar Lampung ini merupakan suatu kota yang sudah cukup besar dimama banyak kendaraan yang menyebabkan polusi dan saya kira penanaman pohon ini adalah satu langkah yang paling efektif untuk mengurangi tingkat polusi yang ada di perkotaan,” ucap Kolonel Tri Arto.

Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya sekedar menciptakan lingkungan yang indah saja melainkan memberikan pesan inspiratif serta contoh bagi generasi mendatang.

Sementara Ir. Tole Dailami Asisten II Pemkot Bandar Lampung mengatakan, penanaman pohon yang dilaksanakan ini, sebagai upaya konservasi atau penghijauan kota.

Ia menyebut, penanaman pohon ini memiliki banyak manfaat seperti melestarikan kesuburan tanah, menjaga struktur tanah agar tidak mengalami kerusakan, menjaga keanekaragaman hayati, menjaga udara tetap segar, bersih dan sehat serta mengurangi efek pencemaran udara.

Dengan dilakukannya penanaman pohon ini, Tole Dailami mengimbau kepada seluruh masyarakat kecamatan sukabumi untuk bersama-sama menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan dengan baik.

Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, tidak ada kata terlambat untuk memulai dan menumbuhkan niat terhadap upaya penghijauan ini, dengan bekerjasama dan saling mendukung, semua pihak dapat menciptakan lingkungan yang bersih, rapi, dan nyaman untuk ditinggali.

Sanusi, Kepala lingkungan setempat mengaku bersyukur dengan adanya kegiatan penanaman pohon tersebut. Ia pun menyampaikan terimakasih kepada TNI serta semua pihak yang terlibat dalam kegiatan program Karya Bhakti tersebut.

“Terimakasih TNI khususnya Kodim Kota Bandar dan semua pihak atas kegiatan hari ini. Semoga hal ini memberikan manfaat bagi kita semua. Bersama rakyat TNI Kuat, Karya Bhakti TNI Mantap,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *