Harga Cabai Meroket, Jakarta Timur Panen Raya 3,5 Ton Cabai ‘Rawita’

Headline117 Dilihat

Jakarta Timur – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, didampingi Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, melakukan Panen Raya Cabai ‘Rawita Peti’ (Pedaskan Timur) di RPTRA Rawa Jaya Kelurahan Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Rabu (1/11/2023). Selain di RPTRA Rawa Jaya, panen juga berlangsung secara daring serentak di 65 kelurahan dan 10 kecamatan di Jakarta Timur.

Hasil panen diperkirakan mencapai total 3,5 ton. Di tengan melonjaknya harga cabai di pasaran, hasil panen Gerakan Tanam Sejuta Cabai “Rawita Peti”(Pedaskan Timur) akan ditawarkan kepada masyarakat dengan harga jual sebesar Rp50.000 per kilogram. Harga ini lebih murah dibandingkan di pasaran yang mencapai Rp80.000 per kilogram.

“Ini salah satu contoh untuk memberdayakan masyarakat dalam rangka ketahanan pangan,” kata Pj. Gubernur DKI.

Pj. Gubernur mengapresiasi langkah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur yang terus berinovasi hingga kelurahan dan kecamatan dalam menggiatkan penghijauan produktif. Sekaligus melakukan pemanfaatan ruang atau lahan yang dijadikan untuk pertanian perkotaan atau urban farming.

“Ke depannya, bisa lebih menanam sayuran lainnya serta memelihara ikan lele agar kebutuhan pokok di lingkungannya terpenuhi. Di hari ini, luar biasa targetnya 3,5 ton cabai, dan langkah ini memiliki nilai ekonomis. Hasilnya pun bisa dijual dengan harga yang ‘bersahabat’,” imbuhnya.

Hadir juga dalam panen tersebut, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Mirdiyanti Heru Budi Hartono, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati.

Sementara itu, Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, mengatakan Gerakan Tanam Sejuta Cabai ‘Rawita Peti’ digagas Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur sejak Februari lalu untuk ‘Peti’. Gagasan ini terlahir menindaklanjuti instruksi Pj. Gubernur DKI dalam menekan laju inflasi dan ketahanan panganan.

Dalam kegiatan ini, Pemkot berkolaborasi dengan CSR PT. East Seed West Indonesia (Panah Merah) bersama Suku Dinas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) dan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Jakarta Timur.

Pembagian bibit cabai sudah dimulai sejak Maret lalu. Masing-masing kelurahan mendapatkan bibit cabai sebanyak 1.500 pohon atau total 97.500 bibit di seluruh kelurahan di Jakarta Timur.

“Panen raya “Rawita Peti” merupakan program Pemkot Jakarta Timur untuk mengedukasi dan memotivasi masyarakat tentang ketahanan pangan. Pak Pj. Gubernur selalu mengingatkan dalam setiap Rapim (Rapat Pimpinan) tentang ketahanan pangan. Tentunya, kami (Pemkot) akan terus berkomitmen untuk melakukan hal tersebut,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *