Jelang Pemilu, Polres Way Kanan Gelar Simulasi Sispamkota

Way Kanan103 Dilihat

Way Kanan – Polres Way Kanan dan Jajaran menggelar latihan simulasi sistem pengamanan Kota (Sispamkota) menjelang pelaksanaan Pemilu tahun 2024 yang berlangsung di halaman depan kantor KPU Kabupaten Way Kanan. Selasa (17/10/2023)

Kegiatan dihadiri Wakil Bupati Way Kanan Ali Rahman, M.T, Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo, Dandim 0427 Way Kanan Inf. Charluly Rudi Jatmiko, Forkopimda, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, pejabat utama Polres Way Kanan, Kapolsek Jajaran, personel Kepolisian dan TNI dari Kodim 0427 Way Kanan, serta instansi terkait dilibatkan dalam latihan Sispamkota ini.

Dalam kesiapan pengamanan simulasi Sispamkota di kantor KPU Kabupaten Way Kanan terkait adanya Aksi unjuk rasa ratusan massa pendukung salah satu pasangan calon menyerbu kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Way Kanan.

Aksi unjuk rasa itu disebabkan massa merasa tidak puas dengan hasil penghitungan suara yang dilakukan di KPU.

Meskipun telah dilakukan negosiasi antara polisi dengan para pengunjuk rasa. Namun terjadi dorong mendorong sampai pengunjuk rasa melakukan pelemparan botol berisi air kepada aparat keamanan.

Massa berhasil dibubarkan setelah polisi menembakkan air dari water canon dan gas air mata. Kemudian provokator berhasil ditangkap oleh petugas Kepolisian berpakaian preman.

Kapolres Way Kanan AKBP Pratomo Widodo menyampaikan alhamdulilah kegiatan Sispamkota ini berjalan dengan lancar sesuai prosedur didukung oleh Kodim 0427 Way Kanan dan pemerintah daerah Kabupaten Way Kanan.

Pratomo berharap mudah-mudahan ini menjadi latihan bagi kami Polri dan TNI untuk memberikan gambaran dan pedoman bagi personel tentang bagaimana cara bertindak, mengamankan serta melindungi saat situasi kontinjensi yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada pelaksanaan Pemilu tahun 2024 mendatang.

“Namun kami berkomitmen mewujudkan situasi kamtibmas penyelenggaraan Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Way Kanan berlangsung aman dan kondusif. Karena itu, saya berharap tidak ada kejadian demo yang dapat menimbulkan kerusuhan di Kabupaten Way Kanan,”Ungkap Pratomo.

Selain itu , Kapolres juga menjelaskan personel yang dilibatkan dalam latihan Sispamkota ini sebanyak 183 (seratus delapan puluh tiga) personel,” Imbuhnya

Kapolres juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta latihan Sispamkota yang telah berpartisipasi dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini, Kabupaten Way Kanan siap mengamankan Pemilu 2024 yang aman, damai dan kondusif. (D/moes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *