banner 728x250

Cegah Kenakalan Remaja, Polres Pringsewu Lakukan Binluh ke Sekolah

Avatar
banner 120x600

Pringsewu, HI – Maraknya kasus kriminalitas dan atau perilaku yang meresahkan masyarakat umum seperti aksi geng motor yang dilakukan para remaja membuat keprihatinan dari berbagai pihak, salah satunya aparat kepolisian Polres Pringsewu Polda Lampung.

Pasalnya selain membahayakan keselamatan diri para remaja, aksi koboi jalanan itu juga sering merugikan orang lain, tak hanya materi bahkan sampai jiwa manusia melayang.

Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi mengatakan, untuk memberikan pemahaman hukum kepada para remaja terkhusus pelajar pihaknya menerjunkan para personel Binmas dan Bhabinkamtibmas untuk melakukan edukasi, pembinaan dan penyuluhan (Binluh) ke sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Pringsewu.

Tak hanya Pelajar SMA, lanjut kasat, kegiatan tersebut juga menyasar pelajar SMP hingga perguruan tinggi.

“Ya ini salah satu upaya kita untuk memberikan proteksi agar anak anak kita terutama kaum pelajar untuk tidak terlibat dalam kenakalan remaja yang bisa membawa dampak buruk baik dirinya sendiri, orang tua, keluarga dan lingkungannya,” ujar AKBP Rio Cahyowidi saat dikonfirmasi awak media pada Kamis (12/1/23) siang.

Dalam kegiatan binluh, ujar Kapolres, Polisi mengedukasi para siswa agar lebih fokus dalam pendidikan, sehingga cita-citanya dan harapan orang tua dapat terwujud dimasa depannya.

“Kami mengimbau kepada adik-adik di pelajar agar lebih fokus di pendidikan jangan ikut-ikutan hal negatif seperti tawuran maupun terlibat dalam geng motor,” ucapnya.

Selain itu, terkait maraknya aksi geng motor yang mayoritas dilakukan oleh anak dibawah umur, Kapolres menghimbau kepada orang tua untuk lebih mengawasi dan membatasi aktivitas anak saat diluar jam belajar terutama pada malam hari.

“Ya kami juga mengharapkan peran orang tua agar lebih memproteksi anaknya, ini dilakukan demi kebaikan dan keselamatan,” ujarnya.

Terpisah Kasat Binmas Iptu Mardiyono menambahkan, Menindaklanjuti kasus jalanan yang dilakukan para remaja, pihaknya langsung menerjunkan personel binmas dan bhabinkamtibmas ke sekolah sekolah.

“Ya, sudah kita tindaklanjuti dengan turun langsung ke sekolah sekolah salah satunya di SMKN 1 Gadingrejo dan beberapa sekolah lainya,” ujarnya.

Tak hanya hari ini, kasat binmas menyebut kegiatan binluh tersebut akan terus dilakukan secara berkelanjutan. “Ya seluruh sekolah akan kita masuki dengan harapan semua pelajar bisa terkondisikan sehingga terbebas dari kenakalan remaja,” tandasnya.(R17@l)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *