banner 728x250
Tak Berkategori  

Unik, Perempuan Ikut Balap Ketinting di Kutai Barat

Avatar
banner 120x600

Kutai Barat – Perlombaan balap ketingting ini digelar di sungai Mahakam area Pelabuhan Melak, kecamatan Melak, Kutai Barat, pada perayaan festival dahau dalam rangka menyambut HUT ke-23 Kabupaten Kutai Barat, Selasa (1/11/2022).

Untuk open race balap ketingting ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena Joki nya ada perempuan walaupun hanya pertunjukan eksebisi dan Belum tampil dalam pertandingan berkelas.

“Jadi pertama kali dilakukan untuk open race balap ketinting ini bagi kaum perempuan setelah kita dapat perhatian dan dukungan dari pemerintah Kubar,untuk tahun depan supaya diadakan perlombaan balap ketinting perempuan dan bukan sekedar eksebisi,” ungkap Camat Melak Maulidin Said kepada wartawan

Adapun peserta perempuan yang ikut dalam open race balap ketinting ini sudah terlatih dalam mengemudikan ketinting termasuk masih kebutuhan mereka sehari hari untuk alat transportasi air.

Maulidin Said berharap supaya penjoki perempuan baik yang tua muda agar mengembangkan bakatnya dan berlatih terus untuk mengendalikan ketinting,supaya mampu bersaing di lokal maupun diluar daerah.

“Acara baru hari ini dilaksanakan sudah begini penonton nya begitu ramai bersorak-sorai dan antusias menyaksikan pertandingan balap ketinting ini,” tutupnya.

Diketahui Festival Dahau ini yang seharusnya diadakan setiap tahunnya, tertunda selama 2 tahun karena gejolak masa pandemi,warga Kubar tentunya merindukan pergelaran seperti open race balap ketinting. (Ricard naibaho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *