banner 728x250
Jambi  

PTPN IV Regional 4 Jambi Tingkatkan Kemampuan Skill Mandor

Ridho R
banner 120x600

JAMBI- PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Regional 4 Jambi terus meningkatkan keterampilan atau kemampuan untuk menggunakan akal, pikiran, ide, dan kreativitas para Mandor kebun kelapa sawit.

Peningkatan keterampilan Mandor ini sejalan dengan program peningkatan produksi kelapa sawit dalam bentuk Tandan Buah Segar (TBS) yang menjadi prioritas perusahaan negara ini.

PTPN IV Regional 4 Jambi sengaja mengundang tim ahli Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) Agro Nusantara dari Jogjakarta untuk melatih dan menjadi tutor bagi 33 orang Mandor Kebun Kelapa Sawit di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, pada 24 Juni 2024 hingga 26 Juni 2024.

“Pelatihan ini bagian dari peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para Mandor. Saat ini, teknologi perkebunan khususnya kelapa sawit terus berkembang dan para Mandor wajib menguasai teknologi ini,” kata Kepala Bagian SDM PTPN IV Regional 4, Hery Kurniawan, saat membuka pelatihan di Balai Pelatihan Pertanian Jambi, Senin (24/6/2024).

Menurut Hery Kurniawan, peningkatan keterampilan Mandor di seluruh kebun PTPN IV Regional 4 mutlak dilakukan.

Selain mengikuti perkembangan teknologi, hal ini juga merupakan upaya program perusahaan dalam meningkatkan produksi hasil perkebunan.

Peningkatan produksi perkebunan harus berbanding lurus dengan kemampuan para Mandor di lapangan bersama timnya.

Dia berharap Mandor di lapangan dalam melaksanakan tugas dapat mengubah atau membuat sesuatu menjadi lebih bermakna sehingga menghasilkan sebuah nilai dari hasil pekerjaan tersebut.

Untuk itu, materi yang komprehensif dan mendalam mengenai teknik-teknik terbaru dalam budidaya kelapa sawit, manajemen lahan, pemeliharaan tanaman, dan strategi peningkatan produksi harus diikuti secara seksama.

“Mandor akan diberikan materi teknik pemupukan yang efektif, pengendalian hama dan penyakit tanaman, pengelolaan panen yang efisien, serta teknologi terbaru dalam budidaya kelapa sawit. Kami berharap melalui pelatihan ini, para Mandor dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat untuk mendukung pencapaian target produksi dan kualitas yang lebih baik,” ujarnya.

Sugianto, Mandor peserta pelatihan, mengapresiasi upaya perusahaan meningkatkan produksi sejalan dengan peningkatan kemampuan Mandor di lapangan.

“Kami mendapatkan banyak pengetahuan baru yang sangat berguna untuk diterapkan di lapangan. Semoga dengan pelatihan ini, kami bisa lebih optimal dalam menjalankan tugas sehari-hari,” kata Sugianto.

Pelatihan teknis ini sudah menjadi agenda rutin yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa seluruh Mandor di PTPN IV Regional 4 selalu mendapatkan pembaruan informasi dan teknik terbaru dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit.

Dengan demikian, PTPN IV Regional 4 dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas industri kelapa sawit di Indonesia.(AA)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *