banner 728x250

Kompetisi Bahasa dan Sastra Tingkat Kabupaten Gunungkidul Tahun 2024

Ridho R
banner 120x600

Gunungkidul – Komposisi bahasa dan sastra tingkat kabupaten Gunungkidul diselenggarakan mulai 17 mei hingga 14 juni 2024 berlangsung di Pendopo Taman Budaya Gunungkidul dengan melombakan berbagai jenis kegiatan yaitu alih aksara, geguritan, maca cerkak, macapat, stand up comedy, sesorah, pranatacara dan Mendongeng.

Pada saat gelar kompetisi macapat tanggal 31/05/2024 di pendopo TBG kapala bidang sejarah sastra bahasa dan permuseuman dinas Kebudayaan kabupaten Gunungkidul Etni Priskila Saweho, S.Sos menjelaskan bahwa anggaran yang digunakan untuk untuk event kegiatan ini adalah dana keistimewaan dengan melombakan delapan jenis kegiatan yang memperebutkan juara 1,2 dan 3 untuk masing masing katagori yang selanjutnya akan diikutsertakan maju kabupaten Gunungkidul mengikuti kompetisi ketingkat propinsi DIY.

Event ini menjadi wadah bagi para generasi muda untuk menunjukkan kecintaan dan keahlian mereka dalam bidang bahasa dan sastra. Tujuan kegiatan tersebut adalah merupakan ajang pembinaan warga masyarakat  dalam hal pengayaan dan penguasaan bahasa dan sastra Jawa di kabupaten Gunungkidul serta pengembangan bahasa dan sastra. Para peserta warga penduduk kabupaten Gunungkidul terdiri dari utusan 18 Kapanewon se-Kabupaten Gunungkidul dengan berbagai kategori jenjang usia dari anak hingga dewasa serta umum.

Pada kompetisi macapat tersebut sebagai juara pertama diraih oleh Afifah Nur Hapsari peserta dari Kapanewon Karangmojo dengan meraih nilai 949. Afifah Nur Hapsari adalah mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta semester akhir yang mempunyai banyak pengalaman belajar baik di kraton Ngayogyakarta Hadiningrat maupun di pamulangan di luar kraton. Dirinya mempersiapkan menghadapi kompetisi macapat belajar selama satu minggu. (Mungkas Mulyono)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *