banner 728x250

KPU Gunungsitoli Luncurkan Tahapan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024

Ridho R
banner 120x600

Gunungsitoli- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gunungsitoli Meluncurkan Tahapan dan Jadwal Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2024, di halaman Taman Yaahowu, Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara. Senin 27 Mei 2024

Peluncuran tahapan pemilu yang di laksanakan oleh KPU Kota gunungsitoli tersebut di awali dengan Pawai dari Halaman KPU gunungsitoli hingga sampai di Taman Ya’ahowu, kemudian tarian sekapur sirih untuk tamu undangan, dan dilanjutkan dengan lagu Indonesia Raya hingga lagu Jingle KPU.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli ” Kardinal Pranata Mendrofa” pada sambutannya mengatakan, pada kesempatan yang baik ini, kami sampaikan bahwa 183 hari lagi menuju pemungutan dan penghitungan suara untuk pilkada Kota Gunungsitoli. Hari ini tanggal 27 Mei 2024, kami sampaikan juga tepat 6 bulan menuju tanggal 27 November tahun 2024.

Di Jelaskan Kardinal bahwa Seperti amanat pada undang-undang nomor 10 tahun 2016, di mana pelaksanaan Pilkada untuk tahun 2024 dilaksanakan secara serentak yaitu pada bulan November. Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia telah juga menerbitkan peraturan Komisi Pemilihan Umum nomor 2 tahun 2024, yang di mana pelaksanaan pilkada di seluruh Indonesia dilaksanakan tepat pada tanggal 27 November tahun 2024. Pelaksanaan Pilkada ini sesuatu yang baru karena dilaksanakan secara serentak, sama dengan pemilu.

Pemilihan umum dilaksanakan pada bulan Februari sedangkan pelaksanaan Pilkada dilaksanakan pada bulan November, dimana Pada pelaksanaan Pilkada kali ini dilaksanakan di 36 provinsi, dan 508 kabupaten kota, salah satunya adalah kota Gunungsitoli. Sebelum saya lanjutkan Izinkan saya membaca sebuah pantun, Karena pada hari ini kita akan melaksanakan peluncuran tahapan Pilkada.

Taman Ya’ahowu bukan sembarangan taman, tempatnya indah penuh bunga. Pilkada Kota Gunungsitoli bukan sembarangan pemilihan, karena tahapannya diluncurkan di taman.

Hadirin sekalian pelaksanaan Pilkada telah kami mulai dengan beberapa tahapan, dimana KPU Kota Gunungsitoli telah merekrut badan Adhock panitia pemilihan Kecamatan atau PPK dan juga TPS di tingkat desa, dan telah semuanya dilantik terakhir kemarin pada tanggal 26 November, itu Salah satu tahapan persiapan yang dilaksanakan oleh KPU Kota Gunungsitoli. Hari ini kita akan meluncurkan tahapan Pilkada, Pada kesempatan ini juga kami telah melakukan pleno, di mana kami pada kesempatan ini akan juga meluncurkan maskot yang menjadi maskot Pilkada untuk tahun 2024 ini.

Ketua KPU “Kardinal Pranata Mendrofa” menambahkan, pada kesempatan ini telah hadir juga ibu “Yuslian Harefa” salah seorang tokoh wanita dan juga pengrajin batik di kota Gunungsitoli, dan telah kita putuskan untuk menjadi maskot Pilkada untuk pilkada Kota Gunungsitoli tahun 2024 ini adalah ENO dan ENI.

ENO dan ENI ini adalah gabungan dari bahasa daerah Nias yaitu “ENONI” yang artinya Pelayan, di mana pada tanggal 27 November nantinya, warga kota gunungsitoli akan mencari pemimpin yang melayani rakyat kota gunungsitoli. Melalui maskot yang kami Tampilkan ini, harapannya pesan ini bisa tersampaikan Kepada seluruh masyarakat kota gunungsitoli untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November untuk memilih yang benar-benar melayani masyarakat kota gunungsitoli.

Pada hari ini juga kami akan meluncurkan jingle pilkada kota gunungsitoli yang dimana penciptanya adalah seorang musisi nias, yang sangat terkenal yaitu bapak “Man Harefa”. Melalui kesempatan kami ucapkan terima kasih kepada bapak Man Harefa yang telah mendedikasikan karyanya untuk menciptakan jingle pemilu pemilihan kepala daerah. Selanjutnya juga pada kesempatan ini kami tetap mengajak masyarakat kota gunungsitoli dan KPU kota gunungsitoli, berharap tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS lebih baik dari yang sebelumnya. Pada Pilkada Pilkada sebelumnya tingkat partisipasi masyarakat selalu di bawah 70%, dan harapan di tahun ini partisipasi masyarakat meningkat atau setidaknya sejajar dengan partisipasi pemilihan umum yaitu di angka sekitar 78%.

Bapak ibu hadirin yang kami hormati, Pada kesempatan ini kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota Gunungsitoli khususnya Bapak Walikota Gunungsitoli, dimana Pada pelaksanaan Pilkada kali ini menyerap anggaran sebesar 28 miliar lebih. KPU Kota Gunungsitoli mendapatkan alokasi dana sebanyak 19,2 Miliar, dan Pada kesempatan ini kami sampaikan juga bahwa KPU kota Gunungsitoli telah mendapatkan dana tahap pertama sebanyak 40%, dan Pada kesempatan ini kami juga meminta kepada Bapak Walikota Gunungsitoli dalam waktu dekat kami akan mengajukan Sisa dana yang telah dialokasikan kepada kami, kiranya Bapak Walikota Gunungsitoli melalui Bapak asisten 2 dapat berkenan untuk memperlancar kegiatan di maksud.

Kardinal berharap, pada kesempatan ini juga kami tidak henti-hentinya meminta kepada seluruh stakeholder yang telah berkenan hadir pada kesempatan ini, untuk juga berpartisipasi dalam mendukung KPU kota Gunungsitoli untuk mensosialisasikan tahapan Pilkada ini. Karena kami tahu kami KPU Kota Gunungsitoli, tidak akan berhasil dalam melaksanakan tugas yang hari ini. Melalui kegiatan hari ini ini adalah momentum bagi kita bersama-sama untuk melakukan konsolidasi terhadap seluruh stakeholder, sehingga pada kesempatan ini kami mengundang bapak ibu semua untuk hadir sehingga kegiatan Pilkada ini bukan hanya kegiatan KPU tetapi kegiatan kita semua warga kota Gunungsitoli. Diakhiri Kardinal Pranatan Mendrofa.

Terpantau oleh awak media kegiatan peluncuran tahapan pemilu tersebut terlaksana dengan baik, dan di hadiri oleh Ketua KPU beserta anggota Komisioner KPU Kota Gunungsitoli, Pengadilan Negeri Nias, Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli Elmizarti. S.IP, Walikota Gunungsitoli/mewakili, Forkopimda, mewakili Dandim 0213 Nias, mewakili Polres Nias, Kemenag Kota Gunungsitoli, Sekretariat KPU Kota Gunungsitoli beserta staf KPU Kota Gunungsitoli, Kabag Kesbangpol Kota Gunungsitoli, Kepala stasiun RRI, PPK Kota Gunungsitoli, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Media TV, Online, Cetak, Ormas, OKP, LSM, dan Warga Kota Gunungsitoli. (B4142160 H14)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *