banner 728x250

ANRI Lakukan Preservasi Arsip di UPT Museum Mulawarman Provinsi Kaltim

Ridho R
banner 120x600

Kutai Kartanegara – Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) melalui Direktur Preservasi Drs. Agus Santoso. M.Hum. melaksanakan preservasi Arsip di UPT Museum Mulawarman Provinsi Kaltim Senin (27/05/2024).

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dimaksudkan melakukan preservasi terhadap arsip arsip kuno Kesultanan Kutai Kartanegara yang bernilai khasanah budaya yang disimpan oleh pihak UPT. Museum Mulawarman.

Agus Santoso menyampaikan bahwa kegiatan preservasi arsip ini diharapkan dapat menambah khasanah dan merawat memori kolektif bangsa itu.

“Kami akan melakukan preservasi arsip yang meliputi risk assessment, digitalisasi, restorasi, dan penataan arsip Kesultanan Kutai Kartanegara yang tersimpan di Museum Mulawarman ini, bersama pihak LKD Diarpus Kukar dan pihak UPT Museum Mulawarman,” terang Agus Santoso yang hadir bersama tiga arsiparis Direktorat Preservasi ANRI.

Sementara pihak LKD Diarpus Kukar yang dihadiri Varia Fadillah selaku Kabid Pemeliharaan dan Penyelamatan Arsip (P2A) Diarpus Kukar Fadillah yang didampingi Siti Noerghaimah selaku Arsiparis Ahli Muda LKD Kukar menyatakan siap mendampingi kegiatan yang berlangsung selama empat hari itu guna peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para tenaga teknis yang dimiliki bidang P2A.

“Kami berterima kasih kepada ANRI yang telah membagikan ilmunya dalam pemeliharaan arsip yang dimiliki oleh Museum Mulawarman Provinsi Kaltim ini” ujar Varia Fadillah didampingi Siti Noerghaimah disela sela kegiatan pelatihan teknis pada Haluan Indonesia (Var)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *