banner 728x250

Hari Pertama Kerja Pj Bupati Barito Utara Kunjungi Kantor Diskominfosandi Barito Utara

Ridho R
banner 120x600

Muara Teweh (haluanindonesia.co.id) -Pasca libur Lebaran di hari pertama masuk kerja, Penjabat Bupati Barito Utara Drs.Muhlis didampingi Pj Sekda Drs Jufriansyah M.AP, Asisten Setda, Staff Ahli Bupati dan beberapa Kepala Perangkat Daerah melaksanakan Agenda kunjungan sekaligus Silaturahmi ke beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan Pelayanan Publik.

Salah satu OPD yang dikunjungi adalah Dinas Komunikasi Informatika Dan Persandian (Diskominfosandi) Kabupaten Barito Utara. Selasa (16/04/2024)

Dalam kunjungannya Pj Bupati beserta rombongan selain bersilaturahmi juga berkesempatan untuk melihat secara langsung Situasi dan Kondisi gedung Diskominfosandi Barito Utara Pasca dilakukan Rehab ringan beberapa waktu yang lalu, seperti mengecek penggunaan Smart lock (Kunci Pintar) yang telah terpasang baik di pintu utama maupun pintu-pintu setiap bidang Diskominfosandi.

“Smart Lock merupakan perangkat keamanan berupa Kunci Pintu yang dilengkapi dengan Sistem penguncian Otomatis. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengontrol kapan dan bagaimana pintu dikunci, siapa saja dan kapan orang lain memiliki Akses ke rumah / tempat tersebut serta mengintegrasikan kunci pintu ke dalam sistem rumah pintar.
Smart Lock akan berfungsi Otomatis terhadap orang yang sebelumnya telah melakukan perekaman baik berupa wajah maupun sidik jari”. Jelas Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara Moch Ikhsan.

Selain itu, Pj bupati beserta rombongan juga mengunjungi ruang Network Operation Center (NOC) yang merupakan bagian dari bidang Electronics Government dibawah kepala Bidang Munawar Khalil, S.ST, MT, CIO.

Menurut Techtarget.com, NOC adalah merupakan sebuah tempat tersentralisasi dimana Enterprise Information Technology (IT) Administrator dari pihak Internal atau Eksternal, dapat Memonitor dan menjaga Sistem jaringan Telekomunikasi.

Secara sederhana, NOC menjadi lokasi terpusat untuk melakukan Monitoring dan Manajemen dari peristiwa yang mempengaruhi layanan dan Infrastruktur selama 24 jam.

Kontrol dari NOC bertujuan agar jaringan pada data Center berfungsi dengan baik sesuai dengan Standar tanpa adanya gangguan atau hambatan.

Dalam tanggapannya Pj Bupati Barito Utara mengatakan secara keseluruhan Diskominfosandi Barito Utara sekarang terlihat jauh lebih bagus dari sebelumnya.

“Untuk hal-hal yang sudah diterapkan pada Dinas ini kiranya Dinas-dinas yang lain kedepannya diharapkan bisa mengikuti jejak Diskominfosandi diantaranya dalam penggunaan Smart Lock pada setiap pintu kantor”. pungkas Drs. Muhlis
(Ans71)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *