banner 728x250

NHM Laksanakan Bimtek Aspek Teknik Pertambangan

Ridho R
banner 120x600

Malut- Komitmen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) terhadap penerapan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik (GMP) di setiap kegiatan operasional Tambang Emas Gosowong semakin diwujudkan melalui pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) GMP.

Pelaksanaan kegiatan Bimtek sebagai salah satu dari bagian pengembangan keterampilan dan pengalaman individu dan tim sekaligus dalam rangka persiapan GMP Awards.

Materi pelaksanaan Bimtek GMP kali ini yaitu Aspek Teknik Pertambangan diselenggarakan selama dua hari pada 28 sampai 29 Februari 2024.

Kegiatan Bimtek tersebut didampingi langsung oleh narasumber Inspektur Tambang Kementerian Energi & Sumber Daya Mineral (ESDM), Iskak Aji dan Heri Wibowo.

Total 35 peserta termasuk anggota Tim Aspek Teknik Pertambangan GMP Awards hadir baik secara tatap muka di Ruang Meeting Gedung Admin Gosowong maupun daring.

Hadir pula Deputy Director of Operation/KTT, Rado Lawolo, General Manager Production & Planning, Kiki Kosmara, General Manager Geology Resources & Supports, Denny Lesmana.

Agenda Bimtek dimulai dengan sambutan Rado yang mengapresiasi kehadiran narasumber dan antusiasme peserta, maupun juga tak lepas dari dukungan jajaran Dewan Direksi sebagai komitmen kepatuhan terhadap penerapan 5 Aspek Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik secara konsisten dan berkelanjutan.

“Kami juga memiliki tim yang inovatif yang membutuhkan bimbingan serta evaluasi dari para inspektur tambang. Sebelumnya kami juga sudah melaksanakan Bimtek Aspek Standardisasi & Usaha Jasa, Aspek Konservasi Mineral dan Aspek Keselamatan Pertambangan,” tambah dia.

Sambutan dilanjutkan oleh Iskak yang menyampaikan esensi dari GMP Awards merupakan kegiatan penilaian terhadap kinerja dan keberhasilan perusahaan dalam penerapan Kaidah-kaidah Pertambangan yang Baik.

Terdapat dua tahap penilaian yang dilakukan yaitu secara administrasi dan lapangan, sementara kegiatan Bimtek tersebut adalah momen yang tepat untuk dapat mengevaluasi kembali hasil penilaian Aspek Teknik Pertambangan tahun lalu dan apa yang bisa disiapkan lagi ke depan.

“Kami juga turut menyampaikan ucapan terima kasih atas peran aktif NHM dalam mengundang kami. Harapannya GMP Awards bisa menjadi stimulan pencegahan agar tidak ada kecelakaan tambang dan pencemaran lingkungan di NHM,” tandasnya.

Di akhir acara para narasumber juga menyampaikan rekomendasi-rekomendasi bagi NHM yang dapat ditingkatkan ke depan, kemudian selama Bimtek berlangsung para peserta juga dibekali dengan ketentuan penilaian administrasi dan penilaian keberhasilan pengelolaan teknis khususnya pada Aspek Teknik Pertambangan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *