banner 728x250

Sekda Kota Metro Resmi Buka Seleksi Capaska

Ridho R
banner 120x600

Metro — Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro Ir.Bangkit Haryo Utomo,MT secara resmi membuka seleksi calon anggota Paskibraka (Capaska) diikuti sebanyak 108 pelajar SMA/SMK/MA sederajat se-Kota Metro bertempat di stadion Tejosari, Kecamatan Metro Timur. Senin (26/02/2024).

Sekertaris Daerah Kota Metro, Ir.Bangkit Haryono utomo dalam sambutannya mengatakan seleksi calon anggota Paskibraka ini, merupakan langkah nyata untuk membangun generasi bangsa yang memiliki jiwa kepemimpinan, keberanian, dan semangat cinta tanah air.

“Melalui seleksi ini, kami harap bisa melahirkan pemuda dan pemudi berjiwa Pancasila dan dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi bagian dari generasi Indonesia Emas,”tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, calon paskibraka Kota Metro telah melalui tahap pra seleksi yang diadakan pada 19-20 Februari. Adapun tahapan seleksi yang akan dilakukan ialah seleksi administrasi, kesehatan, wawancara dan tes kepribadian.

Ditempat yang sama, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Rosita menyebutkan, ratusan pelajar yang mengikuti seleksi calon anggota Paskibraka (Capaska), adalah para pelajar setingkat SMA/ SMK/MA yang telah mendaftar sebagai calon anggota Paskibraka melalui laman resmi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), https://paskibraka.bpip.go.id.

“Untuk Kota Metro, peserta atau pelajar yang telah mendaftar tersebut, sekarang mulai diseleksi, tercatat ada sekitar 108 peserta yang terdiri dari 42 perempuan dan 66 laki-laki,” kata Rosita, usai peresmian Capaska.

Sesuai agenda, sambung Rosita pelaksanaan seleksi calon anggota Paskibraka Kota Metro tahun 2024 ini, akan dilaksanakan selama empat hari kedepan, mulai dari seleksi administrasi, wawasan kebangsaan dan ideologi Pancasila, hingga seleksi fisik.

Rosita menuturkan, tahapan seleksi ini melibatkan 9 juri atau tim penilai profesional, dari unsur Purna Paskibraka Indonesia (PPI), unsur TNI, dan unsur terkait lainnya.

“Jadi untuk tahapan seleksi calon anggota Paskibraka Kota Metro tahun 2024 ini akan dilaksanakan selama empat hari. Dari ratusan calon anggota ini, nantinya akan diambil 31 orang untuk anggota Paskibraka Kota Metro tahun 2024,” tutur Rosita.

Rosita menjelaskan, program Paskibraka ini merupakan bentuk Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) yang dilakukan secara terencana, menyeluruh, terpadu, dan berkelanjutan, dari mulai tingkat pusat oleh BPIP, hingga tingkat daerah melalui Badan Kesbangpol Kota Metro.

Program ini, kata Rosita merupakan bagian dari upaya kaderisasi calon pemimpin bangsa yang berkarakter Pancasila yang dikoordinasikan oleh BPIP.

“Seleksi calon Paskibraka ini, telah diatur dalam Perpres Nomor 51 Tahun 2022 dan Peraturan BPIP Nomor 3 Tahun 2022 tentang Program Paskibraka,” pungkas Rosita.(Rls/dh)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *