Ngudi Laras Tepus Terima Bantuan Gamelan dari Pemkab Gunungkidul

Tak Berkategori21 Dilihat

Gunungkidul – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyerahkan bantuan hibah gamelan kepada 3 kelompok masyarakat. Bantuan gamelan diserahkan langsung oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta.

“Tahun 2023 ada tiga paket gamelan lengkap pelok dan slendro yang kita serahkan,” kata Bupati dalam penyerahan gamelan Paguyuban Karawitan Ngudi Laras, Blekonang Tepus, Kamis (28/12/2023).

Bupati mengatakan, bantuan gamelan ini juga diberikan kepada kelompok kesenian Gereja Kristen Jawa (GKJ) Watusigar Ngawen dan Paguyuban Kesenian Karawitan Marsudi Budoyo, Pringombo A, Rongkop.

“Bantuan gamelan ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan bakat masyarakat untuk mengeksplorasi serta mengembangkan seni khususnya karawitan,” kata Bupati.

Pihaknya juga mengatakan, bantuan gamelan dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Menurutnya untuk mendapatkan hibah gamelan ini tidak mudah karena harus menunggu disesuaikan anggaran yang ada.

“Saya menyambut baik masih ada muda mudi yang mau berkecimpung, belajar gamelan seperti ini menjadi salah satu upaya penguatan karakter daerah,” tegas Bupati.

Kepala Kundo Kabudayan Gunungkidul, C Agus Mantara menambahkan, hibah gamelan ini bersumber dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Dana Keistimewaan (Danais) DIY. Tahun ini hanya tiga kelompok yang mendapatkan bantuan.

“Satu set gamelan yang kita hibahkan senilai Rp.161 juta, karena harganya mahal saya harapkan dijaga dan dimanfaatkan dengan baik,” tegas Agus.

Sementara Lurah Kalurahan Tepus Endro Pratopo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Gunungkidul. Hibah gamelan dikatakan sangat bermanfaat khususnya untuk warga Blekonang 1,2 dan 3.

“Antusias masyarakat untuk belajar gamelan teryata tinggi. Kami berharap akan bermunculan seniman dan seniwati di kalurahan Tepus,” paparnya. (Mungkas M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *