PLN Pastikan Kesiapan SPKLU Untuk Kenyamanan Pengendara Kendaraan Listrik Pada Momen Nataru 2024

Tak Berkategori47 Dilihat

 

Bandar Lampung, 19 Desember 2023 – Mudik Nataru 2024 akan segera dimulai. Dimana tradisi tersebut tidak mungkin dilewatkan bagi sebagian masyarakat yang ingin merayakan natal dan tahun baru bersama keluarga di perantauan. Cukup banyak metode yang digunakan masyarakat untuk mudik, salah satunya adalah perjalanan darat. Bagi pemudik yang melintasi jalan darat di daerah Provinsi Lampung dengan mobil listrik, tidak perlu khawatir lagi karena PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung telah menyiapkan 5 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra-Fast Charging di titik-titik strategis yang tersebar di wilayah Provinsi Lampung.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Lampung, Saleh Siswanto menjelaskan, “PLN menyiapkan 5 unit SPKLU Ultra-Fast Charging yang tersebar di beberapa titik strategis, terutama di jalan tol lintas timur Sumatra yang membentang di wilayah Provinsi Lampung ini. Untuk pemudik yang akan melintasi jalan tol lintas timur Sumatra tak perlu was-was untuk memilih mobil listrik sebagai kendaraan untuk mudik, karena SPKLU kami siap melayani.”

Untuk menambah kenyamanan pengendara kendaraan listrik, PLN telah menambahkan SPKLU di 2 titik strategis. Kedua titik tersebut dipilih karena pengendara kendaraan listrik kini sudah semakin banyak dan menyebar di seluruh Provinsi Lampung.

“Dua titik SPKLU telah ditambahkan untuk meningkatkan pelayanan. Kedua SPKLU berada di Rest Area Tol KM 87 B dan Kantor PLN UP3 Tanjung Karang. Hal ini merupakan upaya PLN untuk memfasilitasi pengendara kendaraan listrik di Provinsi Lampung yang kini sudah semakin banyak jumlahnya,” kata Saleh Siswanto.

Berbeda dengan jenis SPKLU sebelumnya, keistimewaan SPKLU Ultra-Fast Charging yaitu memiliki kemampuan charging yang super cepat yang akan mempersingkat waktu pengisian baterai, sehingga menambah kenyamanan para pengendara mobil listrik.

“SPKLU Ultra-Fast Charging ini merupakan teknologi yang sudah dikembangkan dari sebelumnya. Waktu pengisian baterai jauh lebih cepat. Tujuannya supaya pengendara mobil listrik bisa lebih nyaman dan tidak khawatir ketika melakukan pengisian baterai akan memakan waktu yang cukup lama,” ujar Saleh Siswanto.

Untuk melengkapi pelayanan pada saat momen mudik Nataru 2024 ini, PLN juga menyiapkan posko mudik yang tersebar di beberapa titik. Beberapa SPKLU juga disediakan di lokasi posko mudik.

Sebanyak 5 unit SPKLU Ultra-Fast Charging siap melayani kebutuhan pemudik pada momen Lebaran tahun 2023. Pengguna dapat menikmati kecepatan waktu charging yang sangat singkat hingga baterai kendaraan listrik terisi penuh. Adapun titik SPKLU dan posko mudik yang tersebar di lokasi sebagai berikut :

1. Rest Area Tol KM 20 B (Ultra Fast Charging 200kW)
2. Rest Area Tol KM 49 A (Ultra Fast Charging 200 kW)
3. Rest Area Tol KM 163 A (Fast Charrging 60 kW)
4. Rest Area Tol KM 172 B (Fast Charging 50 kW)
5. Rest Area Tol KM 87 B (Ultra Fast Charging 200 kW)
6. Els Coffee Bypass (Ultra Fast Charging 200 kW)
7. Kantor PLN UID Lampung (Slow Charging 7 kW)
8. Kantor PLN UP3 Tanjung Karang (Slow Charging 7 kW)

“Upaya PLN dalam menyediakan SPKLU Ultra-Fast Charging untuk menyemarakkan momen mudik Nataru 2024 ini juga merupakan bentuk komitmen PLN dalam mendukung ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) di Lampung. Kami terus berharap dengan kehadiran PLN melalui SPKLU Ultra-Fast Charging ini, akan menambah kenyamanan dan semakin memudahkan pemudik dengan mobil listrik,” pungkas Saleh Siswanto. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *