Ketua DPRD Barito Utara Hadiri Sosialisasi Dan Pelatihan Kader Posyandu Kelurahan Lanjas

Tak Berkategori26 Dilihat

Muara Teweh (haluanindonesia.co.id) – Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj. Mery Rukaini, menghadiri Sosialisasi dan Pelatihan Kader Posyandu se Kelurahan Lanjas 2023, bertempat di Aula Kantor Bappedalitbang, Muara Teweh, Kemis ( 07/12/2023).

Posyandu sudah dikenal sejak lama sebagai pusat pelayanan Kesehatan dasar bagi ibu dan balita. Posyandu dituntut untuk mampu menyediakan Informasi Kesehatan secara lengkap.

Tujuan pembinaan dari Kader Posyandu adalah salah satu upaya Kesehatan Masyarakat, juga untuk meningkatkan Kapasitas Kader serta pengetahuan Kader dalam melaksanakan tugasnya, seperti pemberian Makanan Tambahan pada Balita dalam rangka Program Peningkatan gizi Balita dan Ibu Hamil.

Dalam sambutannya Lurah Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Romiadi Bachrul, menyampaikan bahwa Pelatihan Kader Posyandu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Kader tentang kesehatan. Dimana Posyandu merupakan bentuk peran serta Masyarakat di bidang Kesehatan yang dikelola oleh Kader bersama dengan Dinas Kesehatan atau Puskesmas setempat.
Untuk sasaran nya adalah anak Balita dan Ibu hamil pada khususnya dan seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

“Kader Posyandu merupakan salah satu ujung tombak dalam penurunan angka Stunting di Barito Utara, melalui berbagai kegiatannya Kader mensosialisasikan tentang pentingnya masalah gizi kepada masyarakat sekitarnya. Karena kader Posyandu lah yang paling memahami dan mengerti kondisi serta kebutuhan masyarakat di wilayahnya,” ucap Romiadi

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj. Mery Rukaini menanggapi dengan Positif serta menyambut baik untuk kegiatan ini.

“Saya mendukung penuh untuk kegiatan ini, Kader Posyandu semestinya memang perlu adanya Sosialisasi dan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan Kader.”

“Mengingat sasaran dari Posyandu adalah Bayi, Balita, Ibu hamil, Ibu menyusui, Wanita usia subur dan pasangan usia subur. Kader Posyandu harus bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal kekinian”. tambahnya.

“Saya berharap Program seperti ini bukan hanya dilaksanakan oleh Kelurahan Lanjas saja, tetapi Kelurahan dan Desa yg ada di Kabupaten Barito Utara juga mengadakan kegiatan seperti ini, agar Kader-Kader Posyandu kita memiliki pengetahuan sebagai dasar memberikan pelayanan kesehatan terhadap Masyarakat untuk Barito Utara bebas Stunting,”pungkas Hj. Mery Rukaini. (Didimtw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *