Tingkatkan Pengetahuan Pengelolaan Konten Medsos, Pemprov Gelar Workshop

Tak Berkategori12 Dilihat

Bandarlampung – Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung diwakili oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Budi Setiawan membuka Workshop Jurnalistik di Hotel Emersia, Selasa (28/11/2023).

Kegiatan ini merupakan inisiasi Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung dalam menyikapi cepatnya perubahan informasi di era digital khususnya informasi dari media sosial. Dengan tema “Bagaimana menjadi Konten Kreator dan influencer yang Bijak dan Beretika Dalam Dunia Media Sosial,” diharapkan mampu memberikan wawasan dan pengetahuan bagi generasi muda untuk menjadi pribadi yang lebih bijak dan mengedepankan etika moral dalam bermedia sosial.

Derasnya arus informasi yang diterima masyarakat di era digital ini tidak bisa dihindari dan diabaikan begitu saja terutama informasi negatif dan tidak sesuai fakta (hoax) yang akan berdampak terhadap kestabilam sosial dan keamanan masyarakat. Peran generasi muda terhadap kemajuan dan pembangunan suatu bangsa dan daerah sangatlah besar sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan masa depan. Jika generasi muda tidak mampu memanfaatkan peluang positif di era digital maka akan banyak kesempatan emas yang terbuang, begitu juga sebaliknya
jika mereka terpapar oleh informasi negatif akan berdampak terhadap penurunan kualitas generasi muda di masa depan.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Komunikasi Publik Budi Setiawan menyampaikan bahwa kegiatan Workshop Jurnalistik ini merupakan salah satu tugas Pemerintah Provinsi Lampung untuk memberikan pembinaan kepada masyarakat, khususnya generasi muda agar mampu menggunakan media sosial sebagai alat pembelajaran dan berkomunikasi tanpa mengorbankan nilainilai moral dan etika.
“Saya ingin menekankan bahwa penggunaan media sosial bukanlah sesuatu yang harus dihindari sepenuhnya, tetapi harus diatur dengan bijak. Kita harus bisa memilah informasi, berpikir kritis, dan menghargai perbedaan pendapat,” ungkapnya.

Salah satu tanggungjawab tersebut adalah menyelenggarakan kegiatan sosialisasi bagaimana menjadi konten kreator dan Influencer yang bijak dan beretika dalam dunia media sosial. Kegiatan yang dilaksanakan hari ini memiliki peranan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan pemahaman pelajar dan mahasiswa mengenai penggunaan media sosial secara bijak dan mendorong pembuatan konten yang positif dan etika dalam bermedia sosial.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara ini. Semoga sosialisasi ini menjadi langkah awal yang positif bagi peserta dalam menjalani peran sebagai konten kreator dan influencer yang bijak dan beretika di dunia media sosial,” pungkasnya.

Workshop Jurnalistik ini menghadirkan narasumber berkualitas dan berpengalaman dalam dunia media sosial dan pembuatan Konten Foto dan Video seperti
Founder Lampung Geh Bery Decki Saputra dan Koordinator Tim Peliputan Dinas Komunikasi Informatika dan statistik Provinsi Lampung Dandi Nursetia. Sejalan dengan tema workshop, Founder Lampung Geh memaparkan materi dasar tentang Definisi Konten Kreator dan Konten yang berkualitas sekaligus tips bagaimana menjadi Konten Kreator yang memiliki nilai positif bahkan menjadikan konten yang bernilai bisnis di masyarakat khususnya para pengguna media sosial
dikalangan generasi muda.

Di sesi selanjutnya peserta disuguhkan materi tentang teknik dasar videografi mulai dari pengetahuan dasar sampai dengan teknis dasar pengambilan video disertai dengan praktik langsung menggunakan Kamera Video yang biasa digunakan dalam kegiatan Tim Peliputan Dinas Kominfo dan Statistik Provinai Lampung.

Dalam sesi tersebut dijelaskan juga konsep editing dasar untuk menghasilkan video konten yang baik dan berkualitas sehingga menghasilkan video yang menarik untuk ditonton dan mampu menyampaikan pesan dari setiap kegiatan yang direkam. Acara Workshop Jurnalistik semakin menarik saat peserta diajak untuk aktif dalam sesi tanya jawab dan challenge membuat tema konten dengan gift menarik dari Dinas kominfo dan Statistik Provinsi Lampung bagi para peserta dengan tema konten menarik.(Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi Lampung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *