Peringati Hari Batik Nasional, Kajari Lamsel dan DKLS Membatik Bersama

Tak Berkategori13 Dilihat

Kalianda – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Lampung Selaran Dwi Astuti Beniyati bersama Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) membatik bersama dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, Senin, 2 Oktober 2023.

Kegiatan yang digagas DKLS bekerjasama dengan Radio DBFM 93.0 LPPL Pemerintah Daerah Lampung Selatan, digelar di Aula Radio DBFM setempat, di Kalianda, Senin (2/10/2023).

Selain dihadiri oleh Kajari Lampung Selatan, hadir juga Kasi Intelijen Kejari Lampung Selatan Azis Saleh, Ketua Harian DKLS Ponimin, Kepala Bidang Kominikasi Publik Dinas Kominfo Lampung Selatan Heri Wiyono, Direktur Radio DBFM Rudi Suhaimi, Komite Seni dan Rupa DKLS, serta siswi SMP Negeri 3 Sidomulyo dan siswi SMK YPI Sidomulyo.

Seperti diketahui, bertepatan dengan tanggal 2 Oktober, pada tahun 2009 lalu, Batik Indonesia ditetapkan sebagai  warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi dari UNESCO. Oleh karena itu, setiap tanggal 2 Oktober sekaligus diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Pada kesempatan itu Kajari Lampung Selatan Dwi Astuti Beniyati mengatakan, bahwa dirinya sangat mendukung kegiatan membatik tersebut. Menurutnya, selain warisan budaya batik juga mempunyai nilai ekonomi khususnya bagi pengelola usaha, perajin dan pedagang.

“Bagi perajin batik di Lampung Selatan masih terkendala masalah marketing. Sebaiknya para perajin batik bisa menawarkan usaha batik bekerjasama dengan BUMDes di setiap Desa dan dinas instansi terkait dilingkungan Pemkab Lampung Selatan,” kata Dwi Astuti Beniyati.

Pada kesempatan yang sama Ketua Harian DKLS Ponimin menjelaskan, Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) melalui Komite Seni dan Rupa tergerak melaksanakan membatik bersama yang diikuti oleh siswa-siswi tingkat SLTP dan SLTA.

“Batik ini merupakan warisan budaya Indonesia dan perlu dilestarikan. Karena batik merupakan identitas negara kita. Hari Batik Nasional telah ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2009 oleh UNESCO,” kata Ponimin.

Sementara itu, Direktur Radio DBFM 93.0 LPPL Pemda Lampung Selatan Rudi Suhaimi memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan membatik tersebut.

“Saya berharap, acara membatik bersama seperti ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional terus diadakan setiap tahunnya,” ujar Rudi Suhaimi. (Kmf Lamsel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *