banner 728x250
Tak Berkategori  

Masyarakat Sukau Lambar Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

Avatar
banner 120x600

Lampung Barat – Sudah enam tahun jalan provinsi yang berada di Kecamatan Sukau, Lampung Barat Tak Kunjung di perbaiki. Karena bosan tak kunjung ada perbaikan, warga setempat melakukan perbaikan jalan secara Swadaya, Sabtu (10/6/2023) siang.

Bersumber iuran sukarela dari berbagai lapisan masyarakat terkumpullah sebanyak 75 sak semen, pasir hingga batu split untuk menambal badan jalan yang berlubang.

Gotong-royong atau swadaya masyarakat perbaikan jalan, dihadiri langsung Kapolsek Balik Bukit Iptu Arnis Daely, Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang juga turut membantu pengerjaan perbaikan jalan.

Surya Al Pajri selaku ketua pelaksana kegiatan ini mengatakan, perbaikan jalan itu meliputi kegiatan tambal sulam dengan cara mengecor semen pada sejumlah titik jalan berlubang, sekaligus membuat jalan air agar jalanan lainnya tidak tergenang, yang bisa memicu kerusakan jalan.

Ruas jalan yang di perbaiki warga secara swadaya diantaranya jalan provinsi Pekon Bandar Baru dan Pekon Buay Nyerupa, jalan ini diketahui jalan provinsi dan merupakan tanggung jawab daripada Pemerintah Provinsi Lampung yang dalam hal ini adalah Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK).

“Ini merupakan Jalan Provinsi yang sudah lebih dari 6 tahun tidak mendapat perbaikan dan perhatian dari Pemerintah Provinsi sendiri, sehingga kami berinisiatif untuk memperbaiki secara swadaya karena sudah banyak korban kecelakaan akibat dari jalannya rusak begini,” ujar Al fajri saat perbaikan jalan.

Warga lainnya yakni Surya, ia mengatakan perbaikan Jalan Provinsi ini karena merupakan satu-satunya akses jalan penghubung antar Pekon, antar Kecamatan bahkan antar Provinsi yang banyak dilalui oleh masyarakat dari berbagai wilayah.

“Tidak ada jalan alternatif di rute ini, tapi Pemerintah seolah tutup mata akan kondisinya yang makin hari makin parah. Entah kapan jalan ini mau dibangun, sedangkan kami sebagai warga sekitar sini untuk ke ibukota kabupaten inilah jalan yang kami lalui,” tegasnya.

Meski sudah ada inisiatif masyarakat secara swadaya memperbaiki Jalan Provinsi. Masyarakat tetap berharap Pemprov Lampung memberikan perhatian serius untuk peningkatan jalan tersebut.

“Masyarakat masih terus berharap agar Pemprov betul-betul memperhatikan peningkatan infrastruktur jalan ini karena merupakan sarana vital untuk kelancaran mobilitas warga,” harapnya. (Ys)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *