Lakukan Eksplorasi Goa di Gunungkidul, Mahasiswa UNS Tewas Terjatuh

Tak Berkategori26 Dilihat

Gunungkidul – Mahasiswa Universitas Negri Sebelas Maret atau UNS Solo bernama Noval Bachrul Ulum berusia 22 tahun mengalami kecelakaan terpeleset jatuh ke lubang luweng Braholo di padukuhan Ngandong ,Rt 001 Rw 016, Kalurahan Purwodadi, KapanewonTepus,  Kabupaten Gunungkidul, Minggu (26/03/2023) pukul 10.25 wib.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Solo yang berasal dari Tegal, Jawa tengah tersebut datang ke gunungkidul bersama 5 rekannya melakukan penelusuran gua tapi naas ia jatuh ke dalam gua atau luweng Braholo dan menyebabkan meninggal dunia.

Kapolsek Tepus melalui PIH Kapolsek Tepus Iptu Ngatimin menjelaskan
kronologis kejadian bahwa pada hari minggu 26 Maret 2022, sekitar pukul 07.00 wib, korban beserta 5 rekannya berangkat dari Mapala PMPA VAGUS Universitas Sebelas Maret, menuju ke goa Brahoro, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul. Selanjutnya pada pukul 09.00 wib tiba di goa kemudian korban beserta Agra Abinama P dan Nita Dyah Putri Andayani adalah rekannya memasang tali safty di atas tebing setelah tali terpasang kemudian korban beserta rekan lainnya mencari titik Ancor untuk menalikan tali karmantel guna menuruni gua, sesaat kemudian korban menemukan titik yg akan digunakan sebagai ancor kemudian tali ditalikan di batu pada saat korban akan menaruh bantalan tali karamantel korban tiba-tiba terjatuh terglincir, korban berteriak dan tertahan oleh tali safty namun batu yg digunakan untuk tali safty tidak kuat hancur yang mengakibatkan korban terjatuh ke dasar gua.

Arga Kemudian memanggil korban namun tidak ada respon lalu Nita ke pantai siung untuk memiminta bantuan tim SAR.

Selanjutnya penanganan evakuasi korban oleh petugas gabungan. Proses evakuasi memakan waktu kurang lebih 6 jam dikarenakan kondisi gua Braholo vertikal berundak yang memiliki mulut gua yang sempit dan posisi korban jatuh diundakan pertama berada di ketinggian 16 m dari mulut gua sehingga menyulitkan dalam melakukan evakuasi. Sempit medan menjadikan korban bisa dievakuasi dari dalam gua sekitar 17.20 Wib.Korban sudah tidak bernyawa lagi. (Mungkas M)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *