banner 728x250
Tak Berkategori  

Badan Pom Temukan Barang Ekspire Sejumlah Toko Beredar di Kubar

Avatar
banner 120x600

Kutai Barat – Badan pengawas obat dan makanan (B-POM) menemukan barang Ekspire beredar pada sejumlah toko di Kabupaten Kutai barat.

Barang tersebut ditemukan pada saat tim gabungan melakukan razia pada sejumlah toko Kecamatan Melak, Kamis (23/2/2023).

“Sampai hari ini sudah sekitar 4 karung yang kami amankan di gudang Disdakop, yang disita oleh tim gabungan dan akan dimusnahkan di akhir tahun,” kata Kepala Bidang perdagangan pada Dinas perdagangan Koperasi Dan UKM Kutai Barat Ambros Dopo pada wartawan saat sidak di Kelurahan Melak Ulu Kecamatan Melak.

Ambros menyebut selain toko di Kecamatan Melak, tim gabungan juga melakukan sidak berapa Kecamatan di Kubar, yakni Kecamatan Barang Tongkok, Long Iram, Muara Pahu, Penyinggahan dan Bongan.

Adapun tujuan pengawasan sekaligus sosialisasi ini untuk melindungi konsumen dari barang yang tidak layak edar.

“Pelaku usaha harus mengikuti aturan ini, apa yang harus mereka pajang, barang-barang apa yang tidak boleh karena ini mengarah ke undang-undang perlindungan konsumen dan undang-undang pangan, supaya pangan yang dijual itu pangan yang layak dan sehat untuk konsumen,” jelasnya

Dia juga mengimbau kepada pemilik toko agar memperhatikan barang yang akan di jual.

“Kepada para pelaku usaha agar memperhatikan barang-barang yang kita jual kalau tanggalnya sudah kadaluarsa, itu harus diturunkan jangan sampai merugikan masyarakat umum yang berbelanja ke toko. Warung itu tertip malah banyak pengunjung yang datang,” tegasnya.

Sementara Petugas Badan Pom Norliyani menyampaikan bahwa barang jenis makanan dan obat harus cek label kadaluwarsanya. Sebab jika di konsumsi berpotensi mengganggu kesehatan.

“Bisa gagal ginjal bisa jantung, memang tidak langsung kenanya bisa bertahun-tahun dan ijin edarnya juga harus diperhatikan,” jelasnya.

Dia mengatakan BPOM Samarinda siap fasilitasi pengurus ijin produk yang belum mengantongi sertifikasi.

“Untuk Badan POM Samarinda kami sudah memiliki layanan namanya layanan sertifikasi jemput bola, jadi bagi pelaku usaha baik produk pangan, olahan obat tradisional dan kosmetik yang ingin mendaftarkan hubungi kontak layanan kami setiap hari Jumat,” jelasnya. (Ricard)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *