banner 728x250
Tak Berkategori  

Bupati Tanggamus Hadiri Tingkepan Masal PCNU Tanggamus

Avatar
banner 120x600

GISTING — Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani Menghadiri Tingkepan Masal Ibu Ibu Hamil Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Tangangamus Dalam Rangka Memperingati Satu Abad Nahdlatur Ulama 16 Rajab 1344 H – 16 Rajab 1444 H. Dengan Tema ” Mendigdayakan Nahdlatul Ulama Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Bangsa”. Di Aula Global Nusantra PCNU Gisting Permai Kecamatan Gisting. Selasa (7/2/2023).

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam sambutan nya, Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia acara, atas terselenggaranya acara Tingkepan Massal Ibu-ibu Hamil, yang dilaksanakan dalam rangka Satu Abad NU bertema: Mendigdayakan NU Menjemput Abad Kedua Menuju Kebangkitan Baru.

“Seperti kita tahu, Tingkeban adalah tradisi selamatan yang dilaksanakan pada usia kehamilan tujuh bulan. Biasanya kalau dikampung-kampung, Salah satu ritual yang dilakukan dalam tingkeban adalah memecahkan cengkir (kelapa muda),”

Lanjut Bupati, “Hamil adalah momen kebahagiaan dan kegembiraan, karena sebentar lagi sosok yang tercinta akan segera hadir di sisi kita. Untuk itu Ibu hamil membutuhkan gaya hidup sehat agar sang calon bayi mendapatkan kesempurnaan fisik. Jagalah emosi ibu-ibu dan penuhi asupan makanan yang baik, karena keadaan bayi didalam kandungan tergantung dari kesehatan emosi dan fisik Ibu-ibu,”

“Tingkeban massal yang kita laksanakan ini bagi saya merupakan wujud berbagi kebahagiaan pada ibu hamil yang ada disini. Salah satu cara kita merawat tradisi Tingkeban atau Mitonan, yang dilakukan dengan tujuan mendoakan bayi yang dikandung agar terlahir dengan normal, lancar, sehat dan dijauhkan dari berbagai kekurangan dan bahaya. Kita akan selalu berikan doa yang terbaik bagi calon-calon generasi penerus bangsa ini,” lanjutnya.

“Para Kiai nanti yang secara khusus akan mendoakan buat ibu-ibu dan bayi yang dikandung, Sebagaimana prosesi tingkeban ini juga ada membaca Alquran lazim dilakukan sebagai bentuk doa orang tua untuk anaknya yang akan segera lahir,”

“Pada kesempatan ini saya sampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya Ibu-ibu serta warga NU seluruhnya, yang selama ini telah mendukung pembangunan daerah dengan telah menjaga suasana yang sejuk dan kondusif. Inilah yang mendorong kami untuk tetap bekerja keras agar pembangunan disegala bidang terus kita laksanakan,” ujarnya.

“Saya berharap kepada masyarakat khususnya warga Nahdlatul Ulama, GP Ansor, Muslimat, Fatayat NU dan sebagainya, untuk terus menjaga kondisi yang kondusif dan aman di wilayahnya masing-masing. Kekompakan dan kebersamaan kita ini harus terus dibina dan ditingkatan demi tetap terlaksananya segala kegiatan dan pembangunan,” tutupnya.

Ketua PCNU Samsul Hadi Harun dalam wawancara nya menyampaikan, Kegiatan hari ini adalah rangkaian Satu Abad Nahdlatur Ulama dalam kegiatan tingkepan masal, kita doa kan ibu ibu yang sedang hamil mudah mudahan kelak akan lahir generasi generasi yang bisa mewarisi semangat, jihad, pembeharuan pembeharuan dari mu’assis mu’assis atau pendiri NU.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga tradisi tradisi islam ahli sunnah waljamaah dan juga memberikan motivasi dan semangat kepada kita semua,”

“Terima kasih kepada pemerintah kabupaten tanggamus terutama kepada bupati, wakil bupati dan jajaran pemerintah daerah karna telah mengadiri dan mensupot segala kegiatan NU khusus nya dalam acara memperingati satu abad NU hari ini.,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut pemerintah daerah memberikan beberapa bingkisan kepada peserta tingkepan masal yaitu ibu ibu hamil. ( Fahmi )

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *