Kapolda DIY Lantik 187 Bintara Remaja POLRI T.A. 2022

Tak Berkategori17 Dilihat

Yogyakarta – Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H. memimpin upacara dan melantik bintara remaja dalam penutupan pendidikan bintara Polri gelombang II tahun Anggaran 2022 pada Rabu 21 Desember 2022 dengan didampingi para pejabat utama Polda DIY beserta Kapolres/ta, upacara tersebut berlangsung di Lapangan Hitam SPN Selopamioro Polda DIY. Kapolda melantik sebanyak 187 Bintara Remaja.

Membacakan amanat dari Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Kapolda berpesan ” Bintara remaja untuk selalu meningkatkan kemampuannya dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai anggota Polri ” tutur Kapolda.

Kapolda menambahkan agar para Bintara Remaja untuk selalu memegang teguh kepada nilai-nilai Tribata dan Catur Prasetya agar dapat menjadi insan Bhayangkara yang dicintai masyarakat.

“Salah satu program Kapolri Jenderal Polisi Listyo Drs. Sigit Prabowo, M.Si. adalah mewujudkan SDM Polri yang profesional di era Police 4.0. SDM yang siap menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan SDM yang siap melayani serta melindungi masyarakat dengan sepenuh hati”, pungkas Kapolda.

Selama masa pendidikan yang dimulai sejak tanggal 25 Juli 2022 sampai hari pelantikan ini ditanggal 21 desember 2022, para siswa (saat itu) tidak diberikan kesempatan libur. Langkah ini sebagai latihan agar mereka siap bertugas diseluruh wilayah Republik Indonesia.

Di masa pendidikan, mereka dibekali ilmu tehnis kepolisian yang akan mendukung pelaksanaan tugas terutama dalam melaksanakan tugas pokok yakni melindungi, melayani, mengayomi dan penegakan hukum. Seperti halnya peragaan yang ditampilkan setelah upacara, olah beladiri yang diperlukan dalam rangka melindungi masyarakat dari ancaman dan gangguan kriminalitas.

Selanjutnya memperkuat sinergitas dengan stakeholder yang ada, dan kembangkan diri untuk menghadapi perkembangan situasi saat ini. Serta menjadi sosok panutan dan tauladan bagi masyarakat.

Secara terpisah disela kegiatan upacara pelantikan, Kabidhumas Polda DIY Kombes Pol Yuliyanto, M.Sc,. kepada pewarta menjelaskan dari 187 yang dilantik hari ini, ada 169 orang yang akan bertugas sebagai polisi tugas umum, 10 orang memiliki kompetensi kusus.

“10 Bintara remaja tersebut terdiri dari kompetensi musik dua orang, tehnologi informatika dua orang, logistik satu orang, kompetensi laboratorium forensik empat orang, dan tenaga kesehatan satu orang,” jelasnya.

“Selain itu delapan bintara rekrutmen proaktif yang memiliki prestasi di tingkat Nasional,” tambahnya.

Tiga Bintara remaja mendapatkan penghargaan dari Kapolda yakni Penghargaan Siswa Terbaik dan Trengginas (juara umum) diberikan kepada Exsan Khawirian pengiriman dari Polres Gunungkidul. Bripda Exsan merupakan putra dari Bapak Tugiyat yang berprofesi sebagai Nelayan.

“Berikutnya adalah penghargaan siswa cendikia yang diberikan kepada Picto Bayu Pramono, pengiriman dari Polres Sleman, Bripda Picto adalah putra dari Bapak Slamet yang kesehariannya sebagai Petani,” ucap Kabidhumas.

Dan penghargaan ketiga yakni penghargaan sebagai Siswa Tertabah diberikan kepada Rahmad Baharudin. Bripda Rahmad adalah berasal dari keluarga petani yang berasal dari pengiriman Polres Gunungkidul.

Mungkas M

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *