TP PKK Lampung Kunker ke Lamtim

Tak Berkategori17 Dilihat

Lampung Timur– Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal yang diwakili Wakil Ketua Bidang 1 Mamiyani Fahrizal melanjutkan kunjungan kerja (Kunker) di  Bumei Tuwah Bepadan, Desa Adi Rejo, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur.

Kunker tersebut dalam rangka Pembinaan, monitoring dan evaluasi Desa Model Konvergensi Penanganan dan Pencegahan Stunting serta Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak,  Kamis  (3/11/2022).

Ketua TP PKK, dalam sambutan yang dibacakan Wakil Ketua Bidang 1 mengatakan  TP PKK Provinsi Lampung sebagai mitra Pemerintah, memprioritaskan 3 isu utama yaitu “pemberdayaan perempuan, pemenuhan hak
anak dan pencegahan stunting”, yang sekaligus menjadi tema kunjungan kerja pada hari ini.

Isu pemberdayaan perempuan hakikatnya bukan menjadikan ibu-ibu sebagai pesaing bagi bapak bapaknya, tapi ibu-ibunya diharapkan bisa menjadi mitra dan pelengkap bagi bapak-bapaknya serta bisa menyiapkan anak-anaknya menjadi generasi berkualitas.

“Kenapa permasalahan stunting atau kerdil ini menjadi sangat penting, karena stunting akan berakibat pada menurunnya kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Stunting, tambahnya, berpotensi memperlambat perkembangan otak, dengan dampak jangka panjang berupa keterbelakangan mental, rendahnya kemampuan belajar, dan risiko serangan penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, hingga obesitas.

Sementara itu Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, saat membacakan sambutan tertulis Bupati Lampung Timur
dalam kesempatan tersebut berharap apa yang menjadi maksud dan tujuan kunjungan ini, dalam tugasnya dapat terpenuhi,   serta dapat memberi saran demi kemajuan dan perkembangan Kabupaten Lampung Timur.

Adapun dalam rangka meningkatkan hal  tersebut, diperlukan kesamaan persepsi dan  komitmen, antara TP.PKK Provinsi, Kabupaten dan kecamatan, dalam mewujudkan gerakan   PKK berkualitas dan profesional, baik segi kelembagaan, pelaksanaan program pokok PKK, maupun dari sisi kerjasama dengan mitra kerja.

Persoalan  stunting telah menjadi agenda Pembangunan  Nasional, yang dalam hal ini, Kabupaten   Lampung Timur menjadi salahsatu Kabupaten    Lokus (Lokasi Fokus) Prioritas, dari seluruh  Lokus yang sudah ditentukan Pemerintah Pusat.

“Saya berharap, dengan Kunjungan Kerja TP-PKK Provinsi ini, dapat menggabungkan  serta mengintegrasikan berbagai sumberdaya,   untuk mencapai tujuan bersama, dalam pencegahan   dan penurunan stunting di Lampung Timur, ” pungkasnya.  (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *