banner 728x250
Tak Berkategori  

SMAN 1 Ambarawa Gelar SMANSAMBA CUP II, Launching Sekolah Double Track, dan Pameran Hasil

Avatar
banner 120x600

Pringsewu – SMAN 1 Ambarawa, Kecamatan Ambarawa selenggarakan Turnamen Bola Voly SMANSAMBA CUP II tahun 2022 antar SMA/MA se- Provinsi Lampung, Launching Sekolah Double Track dan Pameran Hasil Karya Siswa, Senin (31/10/2022), di Sekolah setempat.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan SMAN 1 Ambarawa ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah II, Drs. Sunardi, M.Pd yang sekaligus akan membuka kegiatan, Kepala Sekolah SMAN 1 Ambarawa Musa Nurrasyid, M.Pd, dan jajaran dewan Guru SMAN1 Ambarawa, serta Kepala SMA se-kabupaten Pringsewu.

Ketua Panitia Pelaksana SMANSAMBA Cup II Aris Dianto S, Pd dalam laporannya menyampaikan rasa terimakasih nya kepada para tamu undangan yang sudah hadir pada kesempatan ini.

Dikatakan Aris Dianto S, Pd SMANSAMBA Cup II adalah tournament BolaVoly antar SMA/MA se-Provinsi Lampung, dan merupakan kegiatan Tahunan, dan sempat berhenti pada tahun 2019, dan alhamdulillah pada tahun ini di laksanakan kembali.

Adapun tujuan dilaksanakannua kegiatan SMANSAMBA Cup II ini adalah Mencari Bibit atlit yang berprestasi, selanjutnya merupakan kegiatan yang positif, dan
Menjalin silaturahmi anatar SMA/MA se-Provinsi Lampung.

Para peserta pada turnamen SMANSAMBA Cup II ini berjumlah 52 tim. 36 tim Putra dan 16 tim Putri dari 33 SMA/Ma se Provinsi Lampung.

SMAN 1 Ambarawa adalah sekolah yang berprestasi, Agamis, Terampil, Inovatif, dan Kebhinekaan (Batik) .

“Kami mengajak kepada semua peserta untuk bertanding secara sportif, menang kalah adalah hal yang biasa, junjung tinggi Sportifitas olahraga, selamat bertanding,” ungkap Aris Dianto.

“Latar Belakang dari kegiatan ini adalah sebagai generasi muda yang mengemban tugas untuk mengisi pembangunan di segala bidang, dalam hal ikut andil di dalamnya sebagai pelaku-pelaku pengembangan bidang olahraga khususnya di dalam olahraga bola voli. Dengan demikian kami harus berperan aktif dan produktif sebagai pewaris, dan generasi pengisi pembangunan, kami harus senantiasa menjadi motivator, dinamisator, fasilitator, stabilisator dan innovator yang baik, sehingga menjadi inspirasi bagi generasi muda selanjutnya,”

“Untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya kegiatan yang nyata dan menyentuh yang dapat membangkitkan semangat serta kerjasama secara aktif,¬† produktif dan edukatif sehingga akan mewujudkan rasa tanggung jawab dan rasa kebersamaan. Maka dengan adanya kejuaraan bola voli ini, diharapkan dapat menumbuhkan semangat berolahraga agar dapat mengembangkan jiwa sportivitas dan mewujudkan rasa tanggung jawab demi kemajuan dunia olahraga bola voli di Provinsi Lampung khususnya para peserta didik tingkat SMA/MA,” jelas Aris Dianto.

Ditambahkan Aris Dianto Dasar di laksanakan Kegiatan ini adalah :
1.Program Kerja SMAN 1 Ambarawa
2. Program Kerja Waka Kesiswaan
3. Berdasarkan hasil musyawarah / rapat panitia yang di selenggarakan pada tangga! 6 Oktober 2022.

“Kegiatan ini merupakan gelaran yang kedua setelah sebelumnya sukses menggelar kegiatan yang sama pada 2019. Pembukaan kegiatan yang berlangsung hari ini, (Senin, 31/10) sekaligus dilaksanakan berbarengan dengan Launching Sekolah Double Track dan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil momen Peringatan Sumpah Pemuda/Bulan Bahasa serta Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap bulan Oktober,” papar Aris Dianto.

Kegiatan SMANSAMBA CUP II merupakan ajang perlombaan olah raga bola voli yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA se-Provinsi Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berolah raga serta untuk mengembangkan jiwa sportivitas demi terwujudnya rasa tanggung jawab dan juga kemajuan dunia olah raga, khusunya bola voli di Provinsi Lampung. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan, Aris Dianto, S.Pd. dalam laporannya. Sebanyak 30 tim putra dan 14 tim putri akan berlaga pada kejuaraan tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Aris Dianto juga melaporkan tentang Program Sekolah Double Track yang dilaksanakan di SMAN 1 Ambarawa mulai tahun pelajaran 2022/2023. Program ini bertujuan untuk memberikan bekal bagi siswa lulusan SMA yang tidak berkesempatan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi agar memiliki keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Terdapat tiga jenis keterampilan yang dilatihkan melalui program double track ini, yakni membatik dan membuat karya berbahan dasar batik, desain grafis, dan tata rias. Hasil dari progres pelatihan ini akan dipamerkan bersama-sama dengan pameran hasil karya siswa melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

“Adapun Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan projek pertama dalam mengadaptasi Kurikulum Merdeka akan memamerkan hasil karya siswa berupa puisi, teks pidato, naskah monolog, esai, desain batik, dan fashion batik yang juga akan dilombakan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Batik Nasional 2022. Kegiatan perlombaan akan berlangsung dari 31 Oktober hingga 4 November 2022,” ungkap Aris Dianto S.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Ambarawa, Musa Nurrasyid, M.Pd. menyampaikan kebanggaannya atas program yang sudah di laksanakan di SMAN 1 Ambarawa ini yakni SMANSAMBA Cup II tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung di lapangan SMAN 1 Ambarawa ini dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah II, Drs. Sunardi, M.Pd yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini.

Dijelaskan Muda Nurrasyid M, Pd Kegiatan SMANSAMBA CUP II merupakan ajang perlombaan olah raga bola voli yang diperuntukkan bagi siswa SMA/MA se -Provinsi Lampung. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat berolah raga serta untuk mengembangkan jiwa sportivitas demi terwujudnya rasa tanggung jawab dan juga kemajuan dunia olah raga, khusunya bola voli di Provinsi Lampung. Dan sebanyak 30 tim putra dan 14 tim putri akan bertanding dalam SMANSAMBA CUP II ini.

Musa Nurrasyid, M.Pd. juga menyampaikan kebanggaannya atas program yang sudah dan akan berlangsung di SMAN 1 Ambarawa. Keantusiasan seluruh warga sekolah untuk mendukung program dan kegiatan ini merupakan poin yang sangat penting demi suksesnya seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka merealisasikan program-program sekolah.

Ditambahkan Musa Nurrasyid pada tahun 2022-2023 SMANSAMBA mempuyai visi dan misi Batik Yang artinya Berprestasi, Agamis, Terampil, Inovatif, dan Kebhinekaan.

Pada Tournamen Bola Voly SMANSAMBA Cup II ini adalah Momen terbaik dalam memperkenalkan Visi dan Misi Batik dikesempatan lounching Sekolah Double Track SMANSAMBA Cup, dan mudah mudahan Visi Misi Batik ini akan diterapkan pada tahun 2022-2023 dan seterusnya.

“Lounching Sekolah Double Track ini adalah khusus untuk anak kelas 11 yang akan dididik khusus membatik Grafis dan tata rias,” ungkap Musa Nurrasyid, M, Pd.

Semantara itu, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah II, Drs. Sunardi, M.Pd. dalam kesempatan menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara menyampaikan apresiasinya terhadap pelaksanaan beberapa kegiatan di SMAN 1 Ambarawa.

Drs Sunardi sangat mengapresiasi dan mensuport kegiatan SMANSAMBA Cup II yang di selenggarakan di SMAN 1 Ambarawa ini.

Sunardi sangat bersyukur pada kesempatan ini dan mengucapkan selamat kepada SMAN 1 Ambarawa yang sudah melaksanakan kegiatan SMANSAMBA Cup II, sekaligus Lounching Sekolah Doble Track, dan Pameran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Sunardi berpesan dalam tournament apapun namanya sangat di utamakan menjunjung tinggi nilai sportifitas olahraga. Artinya kita harus berani mengakui keunggulan lawan.
Juara itu penting namun nilai Sportifitas jauh lebih penting.

“Kita harus berani mengakui kehebatan orang lain dan juga kita harus berani mengakui kelemahan kita, itulah bangsa yang berjiwa Besar,” kata Sunardi.

Pada launching Sekolah Double track ini yang di resmikan hari ini dan semoga kegiatan ini berjalan lancar.

“Kepada peserta tournamen SMANSAMBA Cup II tahun 2022 saya ucapkan selamat bertanding dan junjung Sportifitas olahraga. Jaga kesehatan agar bisa bertanding dengan baik,” ungkap Drs Sunardi. (R17@l)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *