banner 728x250

4 Hari Operasi Zebra, Polres Pringsewu Tindak 284 Pelanggar

Avatar
banner 120x600

Pringsewu – Polres Pringsewu Polda Lampung telah menindak 284 pelanggar lalu lintas selama berlakunya operasi zebra Krakatau 2022 yang dimulai sejak 3 Oktober yang lalu.

Hal itu disampaikan kasat lantas Polres Pringsewu Iptu Khoirul Bahri saat memimpin operasi zebra di simpang tugu gajah Pringsewu,  Kamis (6/10/2022) siang.

“Benar, untuk diketahui selama 4 hari menggelar operasi zebra, Kami telah melakukan penindakan terhadap ratusan pengendara baik roda dua, roda empat atau lebih karena terjaring melakukan pelanggaran lalu lintas,” ujar kasat lantas mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi.

Dikatakan kasat lantas, dari 284 pelanggaran tersebut 263 pelanggar ditindak melalui teguran simpatik sementara 21 pelanggar lain ditindak dengan menggunakan tilang.

Menurut kasat lantas, penindakan secara tilang diberikan bagi pengemudi kendaraan yang melalukan pelanggaran yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain atau berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Seperti tidak memakai helm, berboncengan lebih dari 1, kendaraan barang yang tanpa alasan tertentu dipergunakan untuk mengakut orang, melawan arus dan over dimension overload (Odol).

Khoirul menambahkan, keberhasilan operasi zebra bukan diukur dari berapa banyak penindakan yang telah dilakukan tetapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi ini bisa di capai.

Karena tujuan operasi ini untuk menurunkan jumlah pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan, serta meningkatkan disiplin para pengguna jalan.

Jadi selama.operasi berlangsung Polisi tidak hanya melakukan tindakan penindakan tetapi diimbangi dengan sejumlah kegiatan sosialisasi dan edukasi baik melalui media cetak, online, cetak, media sosial maupun terjun langsung ditengah masyarakat maupun lembaga-lembaga pendidikan,” ungkapnya.

Maka untuk mendukung kesuksesan operasi zebra itu, kasat lantas mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kedisiplinan dan kepatuhan terhadap peraturan berlalu lintas.

“Mari kita tanamkan kesadaran untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas, agar keamanan, kelancaran dan keselamatan dalam berlalu lintas dapat tercipta,” tandasnya. (R17@l)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *