SLEMAN – Ombudsman RI Perwakilan DIY bersama dengan Pemkal Condongcatur melaksanakan kegiatan Ombudsman On The Spot di Kantor Kalurahan Condongcatur, Kapenawon Depok Kabupaten Sleman, Selasa (24/09/2024).
Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang dilakukan dengan pihak Kalurahan Condongcatur memanfaatkan Program Layanan Bersama ‘Semanis Madu’ (selasa melayani semua, mudah dan terpadu) yang diadakan setiap hari Selasa di Pendopo Kantor Kalurahan.
Bentul layanan ini antara lain terdapat berbagai booth layanan yang dapat diakses oleh masyarakat. Di antaranya pelayanan SIM dari DItlantas Polda DIY, pelayanan Konsultasi BPJS Kesehatan, pelayanan Perizinan dari DPMPTSP Sleman, pelayanan Samsat Sleman dan Bank Sleman, serta layanan dari 3 provider seluler.
Sementara itu, untuk booth Ombudsman menyediakan layanan berupa konsultasi, pengaduan, dan edukasi terkait Pelayanan Publik yang bisa diakses oleh masyarakat. Tersedia pula berbagai macam merchandise menarik yang dibagikan kepada masyarakat yang hadir di booth Ombudsman.
Asisten Ombudsman RI Bidang PVL, Yustina Setiarini, mengatakan kegiatan Ombudsman On The Spot merupakan program rutin yang dilaksankan oleh Ombudsman dengan membuka gerai layanan di berbagai tempat publik.
“Program ini bertujuan untuk mendekatkan layanan Ombudsman kepada masyarakat secara jemput bola, sehingga masyarakat dapat mengakses layanan Ombudsman di lokasi terdekat yang lebih terjangkau,” kata Yustina.
Yustina mengatakan beberapa masyarakat yang berkunjung sangat antusias berkonsultasi dan menyampaikan keluhannya terkait pelayanan publik kepada. Diantara substansi permasalahan yang disampaikan yakni terkait proses pemutihan sertifikat tanah oleh Pemerintah Desa yang tidak segera di proses, padahal telah melakukan pembayaran. Kemudian permasalahan terkait perpindahan kepesertaan BPJS mandiri ke PBI yang belum juga aktif hingga 2 minggu.
Selain itu juga permasalahan tentang maraknya parkir liar yang kurang mendapat perhatian dari pemangku kebijakan. Segala permasalahan tersebut kemudian dicatat dan selanjutnya akan ditelaah lebih lanjut oleh Tim Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI DIY.
Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, mengapresiasi kegiatan yang mengundang antusiasme masyarakat ini. Dalam kunjungannya di booth Ombudsman, ia berharap Tim Ombudsman dapat memanfaatkan seluas-luasnya kesempatan tersebut untuk menyerap berbagai keluhan dan aspirasi masyarakat di wilayahnya. “Silahkan di eksplore saja, kami persilahkan,” ujarnya.
Dalam kesempatan terpisah, Kepala Kasistenan PVL Ombudsman RI DIY, Pamorti Parasista menyampaikan, ke depan kegiatan Ombudsman On The Spot di Kalurahan Concongcatur akan dipertimbangkan untuk dilaksanakan secara rutin.
“Melihat antusiasme masyarakat yang ada, kemungkinan ke depan kegiatan ini akan kita adakan lagi di Kalurahan Condongcatur,” katanya. (Jatmo)