banner 728x250

Ada 31 Peserta Ikuti Pelatihan Diksar Satpam Tingkat Gada Pratama di Kubar

Ridho R
banner 120x600

Kutai Barat – Pelatihan Pendidikan Dasar (Diksar) Satuan Pengamanan (Satpam) tingkat Gada Pratama Angkatan ke-34 Tahun 2024, kembali diselenggarakan oleh PT. Kubar Outsource Global (KOG) bekerja sama dengan DPC Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI) dan Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Kegiatan tersebut, diikuti 31 peserta, berlangsung selama dua pekan. Setelah di buka secara resmi oleh Wakapolres Kubar Kompol Ahmad Abdullah di Gedung Serba Guna, Kampung Mencimai, Kecamatan Barong Tongkok, Senin (24/6/2024).

“Pelatihan satpam ini sangat penting karena di momentum pelatihan ini para siswa satpam dibekali dengan materi teori maupun praktek untuk perusahaan dan instansi dia bekerja,” ucap Wakapolres Ahmad Abdullah.

Menurutnya teori maupun praktek yang disampaikan dalam pelatihan ini sangat penting, guna menentukan tindakan pertama di tempat kerja. Terutama Apabila terjadi gangguan Kamtibmas atau pelanggaran hukum di wilayah tugasnya.

“Tentu satpam ini harus bisa mengambil tindakan, menjalin komunikasi dan koordinasi jika terjadi tindak pidana dan sebagainya,” jelas Wakapolres.

Sebab itu, sebelum terjun kelapangan kerja, para Satpam ini harus diberikan pembekalan (keterampilan teknis yang diperlukan untuk suatu pekerjaan), baik itu teori maupun praktek.

“Untuk yang belum tahu menjadi tahu. Artinya sebagai alat keamanan perusahaan satpam harus mempunyai kualifikasi dan kemampuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Salah satu Manajer PT KOG, Piar mengatakan, adapun tujuan perusahaan melakukan Pelatihan Diksar ini adalah untuk menghasilkan tenaga Satuan Pengamanan yang memiliki sikap mental kepribadian, kesamaptaan fisik, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan.

“Melalui pelatihan ini diharapkan menghasilkan tenaga Satpam yang tangguh. Siap pakai di dunia industri serta organisasi swasta dan pemerintah,” ucapnya.

Piar tegaskan, para satpam agar serius mengikuti pelatihan sehingga menghasilkan lulusan satpam yang tangguh.

“Terutama yang belum bekerja akan segera dipakai oleh perusahaan maupun di pemerintahan. Kemudian yang sudah bekerja dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya,” pungkasnya. (Ricard).

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *