banner 728x250

PTPN IV PalmCo Perluas Program Pelestarian Lingkungan Melalui Penyaluran Puluhan Ribu Bibit Pohon & Ikan

Ridho R
banner 120x600

Pekanbaru – PTPN IV PalmCo, anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III (Persero) yang mengelola perkebunan kelapa sawit terluas di dunia terus memperkuat program pelestarian lingkungan yang telah berlangsung selama beberapa tahun terakhir melalui penyaluran puluhan ribu bibit pohon dan ikan yang dilaksanakan serentak di berbagai wilayah Indonesia.

Aksi pelestarian lingkungan dan restorasi ekosistem sungai itu merupakan implementasi program tanggung jawab sosial lingkungan (TJSL) PTPN IV PalmCo memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni serta bentuk komitmen perusahaan dalam mewujudkan perkebunan berkelanjutan.

“Secara konsisten, perusahaan terus melaksanakan program pelestarian lingkungan yang telah menjadi program rutin tahunan. Kebijakan ini sejalan dengan komitmen perusahaan mendukung pemerintah menekan emisi karbon serta pelaksanaan Sustainable Development Goals pilar Pembangunan Lingkungan,” kata Direktur Utama PTPN IV PalmCo Jatmiko Santosa dalam keterangan tertulisnya di Jakarta (5/6/2024).

Dalam implementasinya, PTPN IV PalmCo secara serentak mendistribusikan sebanyak 68.000 bibit ikan sungai serta 8.000 bibit pohon ke lima regional, mulai dari dari Regional I dan II di Sumatera Utara, Regional III Riau, Regional IV Jambi-Sumbar, dan Regional V Kalimantan.

Selain itu, program tersebut juga dilangsungkan di wilayah kerjasama operasional KSO Regional I, KSO Regional II, KSO Regional VI, dan KSO Regional VII.

“Kami sangat amat serius dalam hal keberlanjutan dan konsep green economy. Sebagai perusahaan milik negara, ini adalah bentuk nyata akan perhatian kita dalam merealisasikan kedua hal tersebut. Semoga langkah kecil kami menjadi awal dari sebuah program besar membawa kebaikan bersama,” papar Jatmiko.

*Tepat Sasaran*

Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV Irwan Perangin-Angin menambahkan bahwa setiap tahun program penyaluran bibit ikan dan pohon tersebut dilaksanakan dengan melibatkan perangkat pemerintahan setempat sehingga upaya pelestarian lingkungan bisa tepat sasaran.

“Setiap tahun, kita terus berkoordinasi dengan pemerintahan desa setempat dalam melaksanakan kegiatan ini sehingga bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan tepat sasaran,” jelasnya.

Lebih jauh, ia juga menjelaskan jika jenis pohon yang disalurkan merupakan jenis tanaman produktif yang selanjutnya tidak hanya memberikan dampak positif pada lingkungan, namun juga memiliki nilai ekonomis.

“Pohon yang kita distribusikan adalah tanaman buah-buahan. Begitu juga dengan bibit ikan yang juga merupakan jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis sehingga nantinya bisa memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar,” jelasnya.

Di PTPN IV Regional 4, program penyaluran bibit tanaman dan ikan dilaksanakan serentak di seluruh unit kebun dan pabrik kelapa sawit yang tersebar di berbagai penjuru Bumi Lancang Kuning.

Region Head PTPN IV Regional 4, Ospin Sembiring mengatakan program yang dilaksanakan bersamaan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu turut menjadi momentum bagi perusahaan serta masyarakat sekitar untuk sadar dan terlibat aktif menjaga lingkungan.

PTPN IV PalmCo sebagai perusahaan perkebunan sawit terluas di dunia sejak awal terus berkomitmen menerapkan program-program keberlanjutan mulai dari dekarbonisasi pemanfaatan biogas limbah cair sawit atau palm oil mill effluent (POME), penjagaan kawasan bernilai konservasi tinggi, pengurangan emisi di lahan gambut, pemanfaatan pupuk tepat guna, hingga reboisasi di areal gambut.

Komitmen tersebut mendapat pengakuan dari berbagai lembaga independen seperti Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO), Roundtable Sustainable Palm Oil (RSPO), International Sustainability and Carbon Certification (ISCC), ISO 14001 Sistem Manajemen Lingkungan, dan Proper dari Kementerian Lingkungan Hidup.( AA)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *