banner 728x250

TMMD Wujud Nyata Kemanunggalan TNI di “Loloda Utara”

Ridho R
banner 120x600

Maluku Utara – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 1508/Tobelo Kabupaten Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara memilih beberapa Desa di Kecamatan Loloda Utara, sebagai tempat dilaksanakan kegiatan TMMD, dalam wujud nyata kemanunggalan TNI untuk ikut berpartisipasi langsung mendorong percepatan pembangunan di daerah.

Kehadiran TNI melalui kegiatan TMMD di Kecamatan Loloda Utara Kabupaten Halmahera Utara, mendapat sambutan baik dari Pemerintah Daerah, Kecamatan dan lapisan masyarakat setempat. Dimana, bagi mereka ada kesan baik dengan diberikan bantuan pembangunan fisik yaitu dengan dibangunnya jalan setapak, drainase dan percepatan pemasangan pipanisasi serta lainnya.

Bahkan juga adapun kegiatan-kegiatan sosial yang sudah di programkan melalui TMMD di Loloda Utara seperti giat olahraga bersama, bakti, berobat gratis dan juga diisi dengan berbagai kegiatan sosialisasi penguatan rasa Nasionalisme atau gagasan kebangsaan yang diberikan langsung oleh jajaran Anggota TNI yang bertugas.

Buktinya, Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery sendiri sangat mengapresiasi adanya Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 1508/Tobelo.

Baginya, TMMD tersebut menjadi wujud nyata atas kemanunggalan TNI, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, dan Rakyat khususnya yang ada di Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara, melalui siaran persnya ke sejumlah media di Tobelo.

Program TMMD yang mengusung tema ” Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Di Wilayah ” dilaksanakan sebagai wujud nyata kemanunggalan TNI, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, dan Rakyat dalam pembangunan di segala bidang.

Dalam keterangannya, Bupati Halmahera Utara menyampaikan bahwa kemanunggalan TNI, Pemerintah Daerah, Instansi terkait, dan Rakyat sangat diperlukan untuk membangun wilayah Kabupaten Halmahera Utara, khususnya diwilayah-wilayah yang tertinggal, terdepan, dan terluar.

“Program TMMD merupakan bukti jati diri bahwa TNI adalah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Melalui kemanunggalan ini Rakyat kuat, Negara Kuat,” sebutnya.

Sementara itu, Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-120 Kodim 1508/Tobelo, Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S. E., mulai pembukaan kegiatan TMMD tidak henti-henti melakukan pemantauan langsung ke sejumlah sasaran program TMMD baik di Desa Igo, Desa Podol, Desa Teru-Teru yang ada di wilayah Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halmahera Utara, seperti melalui tinjauan yang berlangsung, pada Sabtu (18/05).
Pemantauan ini bertujuan memastikan seluruh sasaran yang dikerjakan dapat selesai tepat waktu dan sesuai dengan standar RAB yang ditetapkan.

Dalam kunjungannya, Dansatgas TMMD menegaskan pentingnya kolaborasi antara TNI dan masyarakat dalam mewujudkan infrastruktur yang berkualitas.

“Kehadiran TMMD ini bukan hanya untuk membangun infrastruktur fisik, tetapi juga mempererat hubungan antara TNI dan masyarakat. Kami berkomitmen untuk menyelesaikan semua sasaran dengan tepat waktu,” ujarnya.

Dansatgas TMMD juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam program ini, serta kepada masyarakat yang turut berpartisipasi aktif.

“Saya sangat bangga dengan semangat gotong royong yang ditunjukkan oleh masyarakat dan personel TNI. Dengan kerja keras dan kerjasama yang baik, saya yakin semua target dapat tercapai sesuai rencana,” tambahnya.

Di akhir kunjungannya, Dansatgas TMMD menekankan pentingnya menjaga kualitas pekerjaan dan keselamatan di lapangan.

“Kita tidak hanya mengejar waktu penyelesaian, tetapi juga memastikan setiap pekerjaan dilakukan dengan kualitas terbaik dan memperhatikan aspek keselamatan,” tegas Dansatgas.

Sedangkan Yohanes Makatiho salah satu warga di Loloda Utara dia juga mengaku senang dengan adanya program TMMD di Tahun 2024 ini ke Kecamatan Loloda Utara, keterlibatan TNI dalam pembangunan desa sangat berarti bagi masyarakat.

“Kami sangat terbantu dengan adanya TMMD ini. Pembangunan jalan dan sasaran fisik lainnya nantinya sangat memudahkan akses kami sehari-hari,” akui singkatnya seraya berharap komitmen tinggi dari TNI dan dukungan masyarakat, TMMD Ke-120 di Kodim 1508/Tobelo diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *