banner 728x250

Paguyuban Nayantaka Silaturahmi Bersama Gubernur dan Forkopimda DIY

Ridho R
banner 120x600

Yogyakarta – Silahturahmi Paguyuban Lurah dan pamong kalurahan DIY”Nayantaka bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di kantor sekretariat Nayantaka di jl jenggotan Bumijo Kemantren Jetis Kota Yogyakarta di dampingi forkompimda DIY dengan peserta Pengurus Nayantaka pada 18/05/2024.

Dalam Acara tersebut Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan akan ada dinas baru yang saat ini masih dalam penyusunan. Adapun dinas baru akan mengurusi tentang penduduk dan catatan sipil beserta pemberdayaan masyarakat. Dinas tersebut akan berkantor di Jalan Malioboro.

“Kami berharap fungsi kalurahan di dalam kabupaten itu yang sudah mendapatkan Award level A semua dapat membangun akuntabilitas pada publik masyarakat jogja melalui pemberdayaan masyarakat di kalurahan “.

Lurah dan perangkatnya membangun akuntabilitas pada publiknya berarti lebih terbuka kompetensi dan lebih terbuka pada kritik dan juga aspirasi publiknya rakyatnya.

Diharapkan pula akan ada setiap kantor kalurahan pemasangan barcode yang isinya tidak hanya potensi Kelurahan saja tetapi hal – hal yang menyangkut kepentingan publik dapat di akses dengan cepat dan mudah yang merupakan salah satu bentuk dari akuntabilitas kalurahan.

Selanjutnya Ketua Nayantaka Gandang Harjanata menyampaikan laporan kegiatan Nayantaka yang sudah berjalan melaksanakan diskusi di kantor sekretariat yang digunakan sebagai ruang interaksi dan komunikasi oleh para Lurah dan Pamong tidak hanya pengurus paguyuban saja tetapi juga dengan OPD lain dengan membahas beberapa persoalan yang terjadi di Kelurahan sehingga cukup produktif pemanfaatan kantor kesekretariatan. Selanjutnya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur DIY atas pemberian akses danais sebagai bagian penugasan urusan keistimewaan pada pemerintah kelurahan.
Kemudian ucapan terima kasih diberikan pula pada Kanjeng Yudonegara dari biro tapem DIY yang telah memberi arahan yang bisa menjembatani komunikasi antara Lurah Pamong dan Pemda di Pemkab dan instansi vertikal serta mampu merangkul menyatukan kami memberikan solusi dan memotivasi kami agar taat peraturan.

Ucapan terimakasih yang ke tiga diberikan kepada forkopimda DIY atas kegiatan Jumat curhat dan juga program polisi RW polisi RW memperkuat keberadaan kelompok jaga warga di tiap paduan termasuk untuk mengatasi persoalan-persoalan seperti kenakalan remaja narkoba dan gangguan keamanan lainnya juga terhadap kegiatan si Suluh Praja kegiatan dari Kejaksaan menyapa Kelurahan kegiatan ini sangat membantu kami Bapak apa yang boleh dilakukan dan tidak dalam konteks hukum pidana. Kegiatan tentara Manunggal membangun desa sangat membantu untuk mewujudkan pembangunan yang merata dan berkesinambungan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang di pandu oleh Suhadi lurah Pacarejo kapanewon Semanu Gunungkidul dengan narasumber dari Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, S.I.K., M.H menyampaikan terkait dengan situasi kamtimas berjalan dengan baik dan beberapa hal yang sifatnya menonjol sudah dapat terkendali dan juga selaku koordinator bidang keamanan mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan pengamanan keamanan yang ada saat ini bukan sekedar anugerah tapi Sebuah upaya yang kita lakukan Polri TNI Pemprov Lurah jagawarga dan seluruh masyarakat jadi tidak ada yang merasa paling penting diantara semua yang saya sebutkan atau kita semua dalam menjaga keamanan karena tidak ada yang bisa terjadi adanya koordinasi dan kolaborasi tadi terkhusus setelah pemilihan presiden dan anggota DPR DPRD baik provinsi maupun kabupaten.

“Jogja perlu kita khawatirkan dan ini memberikan bukti bahwa kebersamaanlah yang menentukan ini berjalan dengan baik bukan tentang seseorang atau figur tertentu di bidang keamanan yang merasa paling Superior dalam pelaksanaan. Perlunya mengingat atas situasi ke depan menjelang Pilkada bahwa Pilkada tidak akan menghentikan kegiatan atau situasi yang ada kita berharap pada situasi yang Tetap tenang karena industri pariwisata budaya dan pendidikan tentunya sangat ketergantungan dengan keamanan untuk itu perkembangan ekonomi Jogja adalah saudara kandung yang harus saling dijaga dan jaganya harus bersama-sama,” ungkapnya.

Selanjutnya Kajati DIY Ponco Hartanto, SH, M.H menambahkan program Suluh projo bermanfaat sekali khususnya dalam pendampingan utamanya tata kelola dan pembuatan suatu aturan maupun juga pengelolaan dana desa punya program jaga Desa secara nasional bahwasanya kami memahami bahwa dalam tata kelola keuangan khususnya dana desa atau juga dari dana keistimewaaan ada yang digelontorkan untuk desa perlu memahami betul. Semua kepala desa tentu tidak sama dalam memahami pengetahuan aturan . Dengan Suluh Projo kami berharap diskusi atau penyampaian pendampingan dari kami bisa dipergunakan Jadi kalau ada cara mengelola bisa minta arahan atau berdiskusi dengan kami kami sedia di mana bisa datang ke kantor maupun kami diundang Kelurahan atau ke desa-desa semua itu dengan tujuan supaya tidak ada penyimpangan penggunaan dana desa. (Mungkas Mulyono)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *