banner 728x250

Pemkab Gunungkidul Antisipasi Antraks dengan Vaksinasi Hewan di Gedangsari

Ridho R
banner 120x600

GUNUNGKIDUL – Ramainya kejadian Antraks di Gedangsari menjadi perhatian khusus utamanya dari Pemerintah daerah,

Sekretaris daerah Gunungkidul Sri Suhartanta pun menjelaskan saat ini pemerintah daerah sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk memberikan tindakan awal kepada warga sekitar dilokasi kejadian.

“Kita sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk mitigasi awal dengan tindakan awal seperti pemberian antibiotik dan sosialisasi,” jelasnya.

Ditanya perihal peningkatan status kejadian luar biasa, Sri Suhartanta menyampaikan untuk saat ini belum bisa memberikan kepastian,

“Untuk saat ini belum kita putuskan, karena masih melihat kondisi di lapangan dan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan,” terangnya saat ditemui di Kantor Sekretariat daerah Gunungkidul, Kamis (14/3/2024).

Sri Suhartanta juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik, serta lebih selektif lagi untuk memilih daging yang baik dan sehat.

Kepala DPKH Gunungkidul, Wibawanti Wulandari yang mendampingi juga menjelaskan, saat ini di wangon dan serut gedangsari sudah sebanyak 238 sapi, 522 kambing, dan 3 domba yang telah divaksin dan terus berlanjut sebagai tindakan awal.

“Untuk kompensasi untuk saat ini muatan perda sudah ada harus diperkuat dengan peraturan Bupati agar teknisnya lebih jelas,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, kejadian ini ditangani secara kolaborasi karena berada tepat diperbatasan dengan Kabupaten Sleman. (Mungkas Mulyono)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *