Ratusan Aparat Amankan Pawai Ogoh-Ogoh di Pringsewu

Pringsewu42 Dilihat

Pringsewu, HI – Menjelang perayaan Nyepi, umat Hindu di Kabupaten Pringsewu menggelar pawai ogoh-ogoh yang meriah. Pawai ini berlangsung di tiga lokasi berbeda pada Minggu (10/3/2024) malam.

Dalam setiap lokasi, pawai ini berlangsung dengan keamanan dan kondusifitas yang terjaga. Acara sakral umat Hindu ini bertujuan untuk mengusir kekuatan negatif dari lingkungan sekitar.

Keberhasilan acara ini tidak terlepas dari dukungan pengamanan yang diberikan oleh aparat keamanan setempat, seperti TNI-Polri, pemda, dan organisasi keagamaan. Mereka mengawal acara dari awal hingga selesai.

Kapolres Pringsewu, AKBP Benny Prasetya, melalui Kasi Humas Iptu Priyono, menyatakan bahwa pawai ogoh-ogoh di Kabupaten Pringsewu diadakan di tiga lokasi berbeda, yaitu di Pekon Mataram Gadingrejo, Pekon Lugusari Pagelaran, dan Pekon Ambarawa Barat Kecamatan Ambarawa. Di setiap lokasi pawai, ratusan aparat gabungan dari TNI-Polri, Dishub, dan Satpol-PP berjaga.

“Pengamanan ini juga melibatkan berbagai organisasi keagamaan seperti pecalang, Banser, Pemuda Ansor, hingga pemuda Katolik,” ujar Kasi Humas Polres Pringsewu pada Minggu malam, tanggal 10 Maret 2024.

Menurut Iptu Priyono, kegiatan ini adalah contoh nyata kerjasama antara masyarakat dan aparat keamanan dalam mempromosikan perdamaian dan persaudaraan antar umat beragama di Kabupaten Pringsewu. Ia berharap acara pawai ogoh-ogoh tidak hanya menjadi bagian dari tradisi keagamaan, tetapi juga menjadi momentum untuk mempererat hubungan antar umat beragama di Kabupaten Pringsewu.

Di akhir pernyataannya, atas nama keluarga besar Polres Pringsewu, Kasi Humas menyampaikan ucapan selamat hari raya Nyepi kepada seluruh umat Hindu yang merayakannya.

“Selamat Hari Nyepi Tahun Saka 1946, semoga Ida Sang Hyang Widhi Wasa memberikan keberkahan, kerahayuan, dan keselamatan bagi kita semua,” tandasnya.(R17@l)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *