Ketua DPRD Barito Utara: Seni Qasidah Salah Satu Seni Budaya Yang Harus Dilestarikan Keberadaannya

Tak Berkategori44 Dilihat

Muara Teweh (haluanindonesia.co.id) – Ketua DPRD kabupaten Barito Utara, Ir. Hj Mery Rukaini, M.IP, sambut baik atas pelaksanaan Festival Seni Qasidah (FSQ) dan Maulid Habsyi Tingkat Kabupaten Barito Utara 2023, bertempat di Aula Bappeda Litbang Kabupaten Barito Utara, Minggu (24/12/2023).

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, Supian, SE, bahwa kegiatan FSQ dan Maulid Habsyi yang
dilaksanakan oleh DPD Lasqi Nusantara Jaya Kabupaten Barito Utara ini, digelar selama dua hari yaitu dari tanggal (24-25/12/2023).

“Tujuan kegiatan ini disamping untuk melestarikan seni Budaya yang berciri khas Islam, juga
untuk mempersiapkan Peserta mengikuti lomba pada Festival Seni Qasidah XI tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2024 mendatang,” jelas Supian.

Ketua DPRD Kabupaten Barito Utara, Hj. Mery Rukini memberikan Apresiasi yang setinggi – tingginya
atas pelaksanaan kegiatan ini.

Menurutnya qasidah salah satu seni Budaya yang perlu dilestarikan keberadaannya.

Kegiatan Positif semacam ini, merupakan sarana untuk membentengi kalangan Muda dalam menjaga dari pengaruh Negatif akibat perkembangan zaman saat ini, seperti pergaulan bebas dan Narkoba.

“Kita jadikan Seni Qasidah ini sebagai Media untuk membentengi diri dari pengaruh Negatif pergaulan bebas dan Narkoba,” ucap Ketua DPRD Barito Utara ini.

Tak lupa juga diharapkan olehnya, dengan adanya Festival Seni Qasidah dan Maulid Habsyi ini dapat menjadi wadah untuk menarik minat bagi kaula muda Barito Utara untuk mengikuti kegiatan yang lebih Positif, karena dalam Seni Qasidah banyak mengandung nasehat, petuah Agama serta sanjungan – sanjungan terhadap Baginda Rasulallah Saw yang dibalut dalam kesenian bernafaskan Islam, sehingga dapat menjadi pribadi yang Religius kental dengan Budaya kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan oleh Generasi Muda.

“Kegiatan ini dapat kita jadikan sebagai wadah untuk Generasi Muda Barito Utara untuk melakukan kegiatan yang lebih Positif, karena dalam Qasidah banyak nilai-nilai agama yang dapat kita Teladani, semoga saja ke depannya akan lahir generasi – generasi muda Barito Utara pecinta Sholawat,” pungkas Hj Mery Rukaini. (Didimtw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *