Prestasi Penyuluh Kehutanan Swadaya Kehutanan Jawa Timur

Tak Berkategori22 Dilihat

Purwosari Pasuruan –  11 Desember 2023. Pertemuan Kita bermula dalam pembelajaran bersama perihal Potensi Ekonomi Tanaman Obat di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, oleh Dinas Perekonomian Kabupaten Pasuruan di Tahun 2011, saat itu saya sebagai pemateri dan pembicara utama, acara itu berkat almarhum Bu Eka, selaku Ketua Bidang Dinas Perekonomian Kabupaten Pasuruan Jawa Timur pada bidang edukasi dan pelatihan serta sosialisasi program.

Setelah 12 tahun dari tahun 2011 hingga 2023 dengan beberapa kali berjumpa, dalam beragam kesempatan dan kebutuhan, akhirnya baru sekarang saya bisa menemukan momentum besar maha karya beliau selanjutnya, dengan mengerjakan apresiasi ini, beserta mengungkap potensi peluang aplikasi dan pengembangannya untuk kebermanfaatan dan segenap kebaikan beliau kepada alam dan segenap seisinya terutama dalam program dan kegiatan PKSM nya beliau.

,*Komunikasi Digital”

Dengan Begawan Nangsir, Penasehat dan Pelaku Spiritual serta Intelektual Cendekiawan asal Desa Kalibawang Kabupaten Kulon Progo, selaku Pendiri Lembaga GerbangSARI TRAJUmas, maka rekomendasi dari Beliau sudah bersedia memberikan buah kearifan dan kebijaksanaannya, kepada Haji Machrus Solikin ke masa depannya, untuk peranan beliau yang semakin mantap dan dengan segala kelengkapan visinya, untuk kelanjutan lembaga serta empowering kelembagaan bagi program kerja beliau di bidang PKSM dalam kelembagaan kelompok taninya.

Hal tersebut sangat ditunjang oleh prestasi beliau yang ada di bawah ini.

Selain sudah berprestasi di bidang PKSM di tingkat propinsi dalam masa jabatan Gubernur Jawa Timur baik dalam pimpinan Pak De Sukarwo juga Ibu Khofifah Indra Parawansyah selama ini.

Di tahun 2017, beliau juga sudah bertemu di Istana Negara dengan Presiden RI Joko Widodo dan Menteri KLH, Siti Nurbaya, untuk menerima penghargaan juara pertama tingkat propinsi sebagai PKSM tingkat propinsi Jawa Timur.

Dengan sudah melakukan dan mengalami beragam pelatihan, seminar, pembekalan, workshop serta ragam penghargaan yang terkait PKSM Beliau, Kita melakukan sharing dialog di dapur rumah serta halaman kerja kebun beliau, lahirlah tulisan ini.

Beliau berumur dari KTP lahir di tulis 1959 jadi umur berapa, sedangkan realitanya sudah 76 tahun, begitu sharing ya.

Beliau sudah mencapai tingkat nasional piagam penghargaan dari menteri KLH, Siti Nurbayah, pemenang PKSM no 1 tingkat nasional, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat, gak dibayar.

Prestasi Perihal Empon Empon Indonesia

Ke Istana Negara Ketemu Bu Tin, tahun 1989 dalam bidang empon empon Indonesia nusantara, juga sudah ketemu almarhum Jenderal AL, Sudomo, juga perkara yang sama.

Perihal Prestasi Pemberdayaan Perempuan

Di urusan perempuan peduli dan perempuan di bidang pertanian serta program penyelamatan bumi dalam kinerja sebagai SAHABAT ALAM, HIPSI, beliau juga menjadi Dewan Penasehat Perempuan HKTI Jawa Timur.

Dalam urusan penyelamatan bumi dan sahabat alam, beliau juga Anggota Komisi Kerukunan dan Dialog Lintas Agama, karena perkara ini merupakan martabat tanggung jawab umat manusia di seluruh bumi alam ini.

Sekarang beliau dengan lembaganya, sudah dipercaya mengelola 250 ha area hutan, di samping 21 ha di alas hutan.Puspo dalam manajemen kelompok tani beliau.

Dalam lembaga kelompok taninya juga memenuhi syarat kelembagaannya karena sudah mempunyai AHU.

Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Nomor AHU- 0038613. AH.01.07.Tahun 2016 tentang pengesahan badan hukum: PERKUMPULAN KELOMPOK TANI RUKUN MAJU SEJAHTERA PUSPO, berkedudukan di KABUPATEN PASURUAN, sesuai salinan Akta Nomor 61 tanggal 14 Maret 2016 yang dibuat oleh Notaris PHILIPUS KURNIA WIJAYA, S.H.,M.KN yang berkedudukan di KABUPATEN PASURUAN, Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan di Jakarta, 29 Maret 2016. a.n. MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DIREKTUR JENDERAL ADMINISTRASI HUKUM UMUM. Dr.FREDDY HARIS, S.H.L.LM., ACCS.

Demikian narasi singkat dan lengkap untuk menghantar Haji Machrus Solikin dalam mengerjakan maha karya selanjutnya, bersama keluarga, komunitas, lembaga dan jaringan lembaga serta segenap kawan sahabat alam perjuangannya, dalam ridho serta berkat Tuhan Yang Maha ESA.

Penulis : Guntur Bisowarno S.Si.Apt.

Editor : Biyung AR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *