Gelar Upacara Rutin, Bupati Dendi: Peranan Penting IKM untuk Perekonomian Indonesia

Tak Berkategori29 Dilihat

Pesawaran (haluanindonesia) Perkembangan di era globalisasi sangat bergantung pada sektor ekonomi sebagai ukuran keberhasilan yang dilakukan oleh pemerintah.

Demikian disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setdakab Pesawaran, Muhammad Alhusnuriski mewakili dalam upacara mingguan di Lingkungan Pemkab Pesawaran, Senin (11/12/2023).

Alhusnuriski mengatakan hal itu tidak terlepas dari peran masyarakat dalam pembangunan nasional, khususnya dalam pembangunan ekonomi, yaitu IKM yang memiliki peran penting karena keberadaan IKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia.

Sejalan dengan hal tersebut sambungnya, Pemerintah Kabupaten Pesawaran tengah melakukan berbagai penguatan.”Dimana salah satunya telah tertuang dalam misi Kabupaten Pesawaran yaitu Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Dan Memperkuat Perekonomian Daerah,” katanya.

Bertemakan ” Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Dan Memperkuat Perekonomian Daerah”, Dirinya menyebut salah satu upaya mewujudkannya dengan melakukan pembinaan dan fasilitasi promosi.

Selain itu juga memberikan bantuan berupa alat dan bahan kepada sejumlah kelompok Industri Kecil Menengah (IKM) di Kabupaten Pesawaran.

Di Bumi Andan Jejama terdapat 2.244 IKM dan bantuan yang telah disalurkan sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2023 berjumlah 179 IKM.

Ia juga mengatakan Pemkab Pesawaran juga sedang gencar menyosialisasikan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Hal itu yang merupakan salah satu peluang untuk meningkatkan pertumbuhan sektor industri pengolahan dan kontribusinya terhadap ekonomi, ” lanjutnya.

Ia berharap melalui P3DN dapat mendorong masyarakat agar lebih memilih dan menggunakan produk dalam negeri dibandingkan dengan produk impor, utamanya produk Industri Kecil Menengah (IKM) yang berasal dari Provinsi Lampung khususnya Kabupaten Pesawaran.

Saat ini juga Pemerintah Kabupaten Pesawaran melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan saat ini tengah berupaya melakukan monitoring dan Operasi Pasar guna antisipasi melonjaknya harga bahan pokok khususnya harga beras.pungkasnya

Turut hadir Para Staf Ahli, Asisten dan Seluruh Kepala OPD di lingkup Pemkab Pesawaran, Para Pejabat Administrator, Pengawas, ASN, Petugas Tenaga Kontrak dan seluruh peserta upacara. (Wandi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *