banner 728x250
Tak Berkategori  

Momentum Pelatikan Pengurus MATRA Kota Kabupaten Pasuruan

Avatar
banner 120x600

Haluan Indonesia. Senin, 18 September 2023. Pasuruan Jawa Timur. Sehari sebelum hari jadi Kabupaten Pasuruan ke 1094 tahun, 18 September 2023, yaitu 17 September 2023 di Joglo Setinggil Binatu Rata, milik Ki Harso Waluyo dan Sanggar Jogjan (Joglo Kejayan) telah berlangsung peristiwa yang sangat bersejarah.

*Pengukuhan Pengurus MATRA*

Salah satu agenda pengukuhan MATRA Jawa Timur yang baru terlaksana di Kota Kabupaten Pasuruan, pelantikan dan pengukuhan pengurus daerah ( DPD ) MATRA Kota dan Kabupaten Paauruan di JOGJAN, Joglo Kejayan.17 September 2023. Hadir dalam kegiatan ini Kordinator Wilayah ( Korwil ) Jawa DR.Ir. Gatot Kustyadji., SE., M.Si., IPU. mewakili DPP MATRA, Ketua DPW MATRA Jawa Timur Kanjeng Pangeran Christian Sabilah Pusung Ciptonegoro, yang biasa disebut Pangeran Abi dan segenap jajarannya, Ketua DPD MATRA Bangkalan Madura, Ketua DPD MATRA Mojokerto, tokoh agama dan tokoh masyarakat Pasuruan baik dari Kota maupun Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, dan pengurus baru yang akan dikukuhkan.

Beberapa Tarian Sanggar Puspita Purwosari Pasuruan yang berasal dari sekolah ikut mewarnai perhelatan ini.

Dalam sambutannya, KP Christian Sabilah Pusung Ciptonegoro mengatakan
bahwa dalam keluarga besar MATRA ditanamkan cinta Pancasila dan NKRI yang diwujudkan dalam kebersamaan nguri budaya Indonesia Nusantara serta guyub dan gotong royong.

*Sinergitas Pelantikan Pengurus MATRA Pasuruan*

*Sinergitas Pertama* :

Sinergitas antara Pengurus MATRA Jawa Timur, Pengurus MATRA Kota dan Kabupaten Pasuruan dengan JOGJAN Joglo Kejayaan, Joglo di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, yang mempunyai SANGGAR JOGJAN, Pusat Pelatihan dan Pendidikan Wayang Kulit Jawa Klasik, Tari dan Karawitan berbasis Joglo Njawi Majapahitan, milik Ki Dalang Harso Waluyo.

*Sinergitas Kedua* :

Sinergitas antara para seniman dan budayawan Kota Kabupaten Pasuruan Jawa Timur, yang sudah, sedang dan bakal di kerjakan secara team work berkesinambungan berkelanjutan antara SANGGAR JOGJAN, Joglo Kejayan, Pengurus MATRA Kota dan Kabupaten Pasuruan, dimana salah satu unggulannya adalah Potensi Gelar UMKM Kota Kabupaten Pasuruan, Gelar Seniman Budayawan dan Pameran TOSAN AJI Kota Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

*Sinergitas Ketiga* :

Sinergitas antara Pengurus MATRA Jawa Timur dengan Pengurus IHSA Jawa Timur. Pengurus Masyarakat Adat Nusantara (MATRA) Jawa Timur dengan Pengurus Indonesia Home Stay Association (IHSA) Jawa Timur, salah satunya adalah untuk menyukseskan Program Pembentukan Pengurus IHSA Kabupaten Pasuruan dan tentunya Sinergitas Aplikasi Program Terpadu Kedua Lembaga tersebut, khususnya untuk penguatan serta pengembangan fungsi manfaat kearifan lokal berbasis budaya peradaban adi luhur bangsa Indonesia di kawasan Rumpun Budaya Peradaban Nusantara, bagi lahirnya dunia baru serta Indonesia Nusantara Masa Kini dan Masa Depan.

*Sinergitas Keempat* :

Secara khusus sudah berlangsung di tanggal 17 September 2023 di Joglo Kejayan Pasuruan Jawa Timur, sesuai dengan kesepakatan antara Kanjeng Pangeran Christian Sabilah Pusung Ciptonegoro, yang biasa disebut Pangeran Abi, sebagai Ketua DPW MATRA Jawa Timur dengan Choirul Huda, SH. Wakil Ketua Umum VI DPP IHSA, yang nantinya akan ditindaklanjuti kerjasama antara MATRA Masyarakat Adat Nusantara Jawa Timur dan ISHA Indonesia Home Stay Association.

Penulis : Paulus Erman Harijanto (Kepala Biro Jatim dan Jateng. Radar Perbatasan Malaka)

Editor : Guntur Bisowarno (Ketua Bamboo Spirit Nusantara)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *