banner 728x250
Tak Berkategori  

Gubernur Arinal Raih Penghargaan Sebagai Pembina Terbaik Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Tingkat Nasional

Avatar
banner 120x600

BANDAR LAMPUNG — Gubernur Lampung Arinal Djunaidi Raih Penghargaan Sebagai Gubernur Pembina Terbaik Teknologi Tepat Guna dan Posyantek Tingkat Nasional Tahun 2023.

Piagam Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar pada pembukaan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV Tahun 2023, di PKOR , Bandar Lampung, Rabu (7/6/2023).

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan ungkapan syukur karena bisa melaksanakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) XXIV di Provinsi Lampung.
“Alhamdulillah kita bisa menepati di Provinsi Lampung yang luar biasa ini, yang terbukti waktu Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara di Cirebon ternyata Lampung banyak sekali meraih juara. Dan hari ini ternyata banyak meraih juara untuk lomba di GTTGN 2023,”
“Selamat kepada Pak Gubernur Lampung dan seluruh Bupati Walikota Lampung, dan juga seluruh Bupati Walikota yang mendapatkan Juara Teknologi Tepat Guna,” ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Lanjut, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar menyampaikan bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa menyebutkan teknologi tepat guna sampai empat kali, hal ini mengingat betapa pentingnya teknologi tepat guna untuk diimplementasikan di desa.

“Penekanan dalam pasal-pasal di undang-undang desa menunjukkan pentingnya teknologi tepat guna menuju kemandirian desa, dan ini berarti bahwa penggunaan dana desa sangat direkomendasikan untuk inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna,” ungkap Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Lebih dari itu, Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan seluruh jajaran yang telah berkenan menjadi pusat penyebaran sekaligus pusat bisnis teknologi tepat guna Nusantara.
Dan terima kasih kepada seluruh kepala daerah yang hadir, para kepala desa khususnya para inventor yang telah hadir, berbagai pengetahuan, berbagai kemanfaatan, berbagai kebahagiaan untuk seluruh warga Indonesia.
“Kami yakin dengan dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, serta partisipasi masyarakat inovasi teknologi tepat guna di desa akan semakin marak,” ungkap Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (GTTGN) merupakan event nasional yang diselenggarakan setiap tahun, dalam rangka penyebarluasan informasi dan promosi yang terkait dengan teknologi tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari inventor/penemu kepada masyarakat pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di Desa.

Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara, jelas Gubernur Arinal, juga digunakan sebagi ajang tukar informasi teknologi yang ditemukan antara Desa satu dengan Desa lainnya, antara Provinsi satu dengan Provinsi lainnya.
Dengan demikian diharapkan adanya motivasi bersama masyarakat dalam mengembangkan, dan meningkatkan kinerja pengelolaan lembaga Posyantek Desa sebagai upaya pengoptimalan peran, tugas dan fungsinya dalam rangka alih teknologi dan pendayagunaan sumberdaya lokal melalui pengembangan dan penerapan teknologi tepat guna.

“Inovasi dalam kehidupan sangat penting apa lagi inovasi menuju ke arah kebaikan. Alhamdulillah Provinsi Lampung termasuk Provinsi yang sangat fokus dalam bidang inovasi, sehingga banyak inovator-inovator baru yang selalu lahir disetiap ajang gelaran Teknologi Tepat Guna yang diadakan setiap tahunnya,” ujarnya.

“Pertumbuhan pembangunan perlu digerakkan oleh strategi yang tidak saja semakin efisien, namun mengedepankan inovasi. Dalam era digitalisasi, pembangunan perlu lebih mengedepankan aspek pemanfaatan Iptek dan inovasi sebagai faktor pembentuk daya saing atau disebut dengan innovation-driven development,” tambahnya.

Sesuai dengan tema Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara tahun ini yaitu Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara Menguatkan Daya Saing Desa dan Menyejahterakan Warga, Gubernur Arinal berharap dapat memberikan manfaat bagi kita semua, terhadap kemajuan pembangunan berkelanjutan di Desa khususnya dan di Indonesia pada umumnya.

Gubernur Arinal juga mengucapkan terima kasih karena Provinsi Lampung dipercaya sebagai tuan rumah Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV Tahun 2023 ini.

“Ucapan terimakasih, juga saya sampaikan kepada semua pihak yang telah berperan dalam menyelenggarakan acara ini, mulai dari peserta, peneliti, pengusaha, dan inovator yang telah menyumbangkan ide-ide brilian dan upaya maksimal untuk menciptakan perubahan yang nyata,” ujarnya.¬† (Adpim)

Example 300250

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *