banner 728x250
Tak Berkategori  

Bupati Dewi Hadiri Panen Sayur KWT di Pekon Kejayaan

Avatar
banner 120x600

Tanggamus – Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani SE Menghadiri Panen Sayur Kelompok Wanita Tani (KWT) di Balai Pekon Kejayaan, Kecamatan Talang Padang, Kabupatem Tanggamus, Provinsi Lampung. Rabu (26/10/2022).

Dalam acara tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pertanian dan Holtikultura Catur Agus Dewanto, Camat Talang Padang Agustam Hamid, Uspika Kecamatan, Ketua TP-PKK Kacamatan Talang Padang, Ketua KWT Pekon Kejayaan, Kepala Pekon Kejayaan, Koordinator Penyuluh Pertanian Talang Padang, Tokoh Adat, Agama, Pemuda dan Suluruh Anggota KTW serta masyarakat Setempat.

Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani dalam Sambutan nya, “Saya menyambut baik undangan KWT Bunda Tani untuk hadir pada hari ini, dimana informasinya KWT Bunda Tani melaksanakan Panen Sayur di ladang dan kebunnya masing-masing. Sebagai Moment tasyakuran seperti ini cukup baik, karena akan terbangun komunikasi dan silaturahmi lebih erat lagi antar sesama anggota KWT, dengan Pemerintah Pekon-nya, juga dengan Pemkab Tanggamus, persatuan dan kesatuan diantara elemen masyarakat seperti para anggota KWT jadi tetap terjaga,”

“Selanjutnya saya berharap kepada para anggota KWT agar dalam kegiatan usaha pertanian, dapat menciptakan suatu terobosan dan inovasi sehingga hasil komoditas pertaniannya dapat bernilai lebih. Jangan hanya cukup menjual atau memasarkan hasil pertanian dan hasil kebunnya saja, namun kalau bisa menjadi bahan baku agar diolah sedemikian rupa sehingga menjadi komoditas lain yang memiliki nilai jual tinggi. Misal petani Kopi, kalau menjual biji kopi langsung maka harganya ditentukan oleh pembeli. Namun kalau biji kopi diolah, menjadi bubuk kopi yang memiliki cita-rasa berbeda, maka nilai jualnya tentu akan lebih tinggi. Terlebih lagi ibu-ibu KWT ini memiliki sendiri kedai atau Warung Kopi di sekitar tempat tinggalnya, tentu nilai harga dan keuntungan akan semakin tinggi pula,”

“Begitu juga dengan petani jahe, kalau kita jual jahe saja, harganya bisa naik turun, karena pembeli yang menentukan harga. Tetapi jika kita jual dalam bentuk serbuk, maka ibu-ibu anggota KWT yang menjual, yang bisa menentukan harga. Artinya, kalau kita mau mengolah sedikit saja maka keuntungannya berlipat, apalagi kalau kita mengolahnya menjadi lebih dan kemasan juga dibuat penampilan yang baik dan menarik,”

“Kami dari Pemerintah Daerah senantiasa berupaya serius memberikan pelayanan maksimal kepada seluruh masyarakat. Pemerintah Daerah juga senantiasa merespon persoalan-persoalan yang dihadapi oleh masyarakat. Ini tentu menjadi komitmen kami pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan visi dan misi kami guna memberikan kesejahteraan taraf hidup masyarakat secara merata,” ucapnya.

Kepala pekon kejayaan dalam laporannya, Hari ini adalah kegiatan panen sayuran yang di kelola oleh ibu ibu KWT pekon kejayaan yang alhamdulillah pada hari ini bisa panen dengan baik, hasil nya juga bagus dan di hadiri oleh bupati Tanggamus.

“Saya mewakili seluruh masyarakat dan ibu ibu KWT pekon kejayaan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas kehadiran ibu bupati dalam panen sayur KWT hari ini,”

“Semoga kehadiran dan suport bupati tanggamus hari ini bisa menjadi semangat dan motipasi kami semua dalam mengolala hasil pertanian kami kedepan nya,” tutupnya. (fahmi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *